Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia vs Burundi, Shin Tae-yong Sayangkan Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Belum Rampung

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 22:56 WIB
indonesia-vs-burundi-shin-tae-yong-sayangkan-proses-naturalisasi-shayne-pattynama-belum-rampung
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ditemani Asnawi Mangkualam dalam konferensi pers pra pertandingan Timnas Indonesia vs Burundi, Jumat (24/3/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyayangkan proses naturalisasi Shayne Pattynama yang belum rampung meski sudah berstatus WNI sejak Januari lalu.

Nama Shayne sendiri sebenarnya dipanggil Shin Tae-yong untuk pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Burundi yang akan digelar pada 25 dan 28 Maret 2023.

Akan tetapi, pemain keturunan Belanda itu belum menyelesaikan proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI.

Alhasil, Shayne urung bergabung ke skuad Timnas Indonesia bulan ini.

"Hal ini sangat disayangkan ya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan Timnas Indonesia vs Burundi di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023), dikutip dari Antara.

"Shayne Pattinama sudah berusaha banyak sekali untuk menjadi Warga Negara Indonesia dan harusnya proses pemindahan federasi sudah selesai, tetapi itu belum terwujud sampai saat ini," sesal pelatih asal Korea Selatan itu.

Dengan begitu, pemain yang merumput di Liga Norwegia bersama tim Viking FK itu berkemungkinan besar baru akan membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday selanjutnya pada Juni mendatang.

Mengenai pertandingan Indonesia vs Burundi, Shin Tae-yong mengaku buta mengenai kekuatan tim asal Afrika itu.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Burundi, Menanti Duet Elkan Baggott-Jordi Amat

Meski begitu, pelatih berusia 52 tahun itu menegaskan akan tampil semaksimal mungkin agar tidak mengecewakan suporter Timnas Indonesia.

"Mungkin kalau berkata seperti ini bisa saja banyak yang menghujat saya, tapi jujur saya belum tahu ada negara Burundi," lanjutnya. 

"Jadi dengan uji coba seperti ini saya mulai menonton pertandingannya dan seperti tim Afrika, mereka punya keunikan tersendiri," ungkapnya.

"Jadi kami akan mempersiapkan pertandingan besok dengan baik supaya tidak mengecewakan para fans dan masyarakat Indonesia di kandang sendiri," tegasnya.

Laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Burundi akan dimainkan di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (25/3/2023) pukul 20.30 WIB.

Burundi saat ini memiliki peringkat FIFA ke-141, lebih baik dari Indonesia yang menempati posisi ke-151.

Apabila skuad asuhan Shin Tae-yong bisa mengalahkan Burundi, posisi Indonesia akan naik pada daftar peringkat FIFA untuk bulan April 2023. 

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Burundi, Jordi Amat Waspadai Kekuatan Tim Asal Afrika


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x