Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem, PKS, dan Demokrat Resmi Usung Anies, Ini Isi 6 Poin Piagam Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 19:46 WIB
nasdem-pks-dan-demokrat-resmi-usung-anies-ini-isi-6-poin-piagam-koalisi-perubahan
Jajaran Koalisi Perubahan saat membacakan piagam untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Jakarta, Jumat (24/3/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat resmi mengusung bakal capres Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Piagam Koalisi Perubahan.

Baca Juga: Demokrat: Pembahasan soal Cawapres Koalisi Perubahan Sudah Tuntas, Anies yang akan Umumkan

Piagam Koalisi Perubahan itu ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"Dengan piagam itu secara formal tiga partai secara bulat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden," kata utusan Anies di Tim Kecil, Sudirman Said, Jumat (24/3/2023). 

Adapun isi dalam Piagam Koalisi Perubahan itu terdapat 6 poin. Berikut isinya:

Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Kedua, mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029. 

Ketiga, memberi mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya. 

Keempat, memberi keleluasaan kepada calon presiden untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan.

Baca Juga: Dikabarkan Segera Umumkan Nama Cawapres, Ini 5 Kriteria Duet Anies Baswedan

Kelima, membentuk Sekretariat yang merupakan kelanjutan dari Tim Persiapan (Tim Kecil), dan keenam pada waktunya mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.