Kompas TV nasional politik

Sudah Dikantongi Jokowi, Airlangga Bocorkan Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 18:14 WIB
sudah-dikantongi-jokowi-airlangga-bocorkan-calon-menpora-pengganti-zainudin-amali
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengantongi nama-nama kader partai Golkar yang diajukan sebagai calon Menpora. (Sumber: Kemenko Perekonomian)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengantongi nama-nama kader partai Golkar yang diajukan sebagai calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (24/3/2023).

"Sudah ada di kantongnya beliau," kata Airlangga dikutip dari Antara.

Menko Perekonomian itu menyebut dari sejumlah nama yang diserahkan kepada Jokowi, salah satu calon Menpora itu adalah sosok perempuan berusia muda.

"Yang muda, perempuan, nama sudah diserahkan," ucapya.

Meski demikian, saat dikonfirmasi kembali apakah sosok Menpora adalah perempuan, Airlangga menyebut ada juga sosok laki-laki yang disodorkan ke Jokowi.

"Ada laki-laki, ada perempuan," tambah Airlangga singkat.

Baca Juga: Gubernur Bali Tolak Israel Ikut Piala Dunia U20, Plt Menpora: Masih Koma, Belum Titik

Dia pun enggan menyebut secara detail nama-nama yang telah diserahkan kepada Jokowi.

Airlangga menegaskan, pihaknya menyerahkan kepada Presiden sepenuhnya untuk memilih dari nama-nama yang telah diserahkan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah menerima nama-nama kandidat untuk posisi Menpora yang diajukan oleh Partai Golkar. 

Namun, Presiden belum memutuskan nama yang ditunjuk sebagai menteri pemuda dan olahraga menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri. 

"Menpora belum diputuskan. Tapi nama-nama dari Partai Golkar sudah masuk ke kita, tapi belum diputuskan, belum saya putuskan," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Gedung Dhanapala, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Sebelumnya, Zainudin Amali menyatakan secara resmi bahwa ia sudah tak lagi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah surat pengunduran dirinya resmi diterima Presiden RI Joko Widodo.

Zainudin Amali mengundurkan diri karena ingin fokus mengurus PSSI mengingat pada Kongres Luar Biasa PSSI bulan lalu (16/2) dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

Jokowi kemudian menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy untuk menjabat sebagai Plt (pelaksana tugas) Menpora. 

Baca Juga: Jokowi Blak-blakan Kriteria Pengganti Menpora: Muda!



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x