Kompas TV regional berita daerah

Masak serta makan Bersama Cara Rawat Tradisi Meugang Anak Perantauan

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 15:33 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Meugang adalah tradisi masyarakat Aceh yang sering dilaksanakan menjelang Ramadhan, Hari Raya idul Fitri maupun Idul Adha. Mulai dari membeli daging, memasak hingga menyantapnya secara Bersama. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pemuda di Lambuk, Ule Kareng, Kota Banda Aceh, Rabu 22 Maret 2023.

Mereka merupakan perantau yang datang ke Banda Aceh dari sejumlah daerah di Aceh merayakan tradisi meugang dengan memasak serta menyantap daging secara Bersama. Hal ini dilakukan untuk mengobati rasa rindu karena tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk merayakan tradisi meugang bersama keluarga.

Tradisi meugang ini selalu disambut oleh masyarakat Aceh dengan berbagai cara dan dimana pun mereka berada. Walau terkesan hanya memasak daging dan menyantapnya Bersama, akan tetapi memiliki nilai tersendiri disaat merayakan secara Bersama-sama.

Sejumlah masakan daging dibuat saat perayaan meugang ini. Biasanya daging sapi yang dibeli diolah menjadi beberapa jenis masakan khas Aceh seperti masakan rendang Aceh, sup tulang serta beberapa jenis masakan khas Aceh lainnya.

Seperti Raja Umar, salah seorang perantau dari Sigli mengaku tradisi masak bersama ini biasanya dia lakukan bersama keluarganya yang berada di bireun, namun ramadhan tahun ini dirinya tidak bisa pulang kampung. Dia Bersama rekan-rekannya merayakan tradisi meugang dengan masak bersama karena kebiasaan ini tidak boleh hilang meski jauh dari rumah.

Beda halnya dengan Teuku Zulfan,  dirinya baru pertama sekali merayakan tradisi meugang dengan memasak bersama teman kerabat. Biasanya setiap tahun dirinya selalu pulang ke kampung hanya untuk merayakan tradisi meugang. Makanan yang dimasak pun tak kalah sedap dengan masakan ibunya di kampung, sehingga hal ini dapat mengobati rasa rindunya akan kampung halaman menjelang perayaan Ramadhan.

Tradisi meugang ini di duga sudah pernah popular sejak masa kesultanan Sultan Iskandar muda. Pada abad ke 16 silam, Sultan Iskandar Muda selalu berbagi daging meugang untuk Rakyat nya agar bisa disantap bersama keluarga, terutama dalam menyambut Ramadhan,  maupun perayaan lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.