Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Teks Proklamasi Disusun Jelang Makan Sahur, Indonesia pun Merdeka di Bulan Puasa

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 08:59 WIB
kisah-teks-proklamasi-disusun-jelang-makan-sahur-indonesia-pun-merdeka-di-bulan-puasa
Prosesi pembacaan teks proklamasi 17 Agustus 1945 (Sumber: Kemendikbud)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bulan Puasa punya nilai sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Di bulan Ramadan yang penuh ampunan itu, Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 1945. 

Sebelum proklamasi dibacakan, diadakan rapat persiapan menjelang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan di rumah Laksamana Maeda, Jakarta, pada malam tanggal 16 Agustus 1945 atau 9 Ramadan 1364 Hijriah.  

Rapat di rumah perwakilan Jepang di Indonesia itu, dihadiri sejumlah tokoh seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Sayuti Melik, para pemuda, dan para anggota Cuo San In (semacam dewan perwakilan) yang ada di Jakarta.

Baca Juga: Cerita Mendebarkan Latief Hendraningrat, Pengibar Bendera Merah Putih Saat Proklamasi Kemerdekaan RI

Usai menyusun konsep yang akan dibacakan, Soekarno membuka rapat dan membacakan rapat pernyataan kemerdekaan yang sudah disusun, perlahan-lahan dan berulang-ulang.

Dalam buku "Menuju Gerbang Kemerdekaan" karya Mohammad hatta, dituliskan bahwa sesudah naskah dibacakan dihadapan peserta rapat, Soekarno pun bertanya kepada yang hadir, "Dapatkan saudara-saudara ini setuju?" Gemuruh suara mengatakan setuju. Soekarno harus mengulang pertanyaannya, dan dijawab oleh peserta yang hadir serempak "setuju!".    


Setelah itu, Soekarno pun menyatakan bahwa teks proklamasi akan dibacakan pada esok pagi, Jumat, 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. Teks akan dibacakan di halaman rumahnya di Pegangsaan Timur 56.

Maka sidang bersejarah itu berakhir pukul 03.00 dinihari. Laksamana Maeda dan para pembantunya memberikan selamat kepada peserta rapat. Sementara Hatta, sebelum pulang masih dicegat oleh beberapa wartawan, salah satunya Burhanuddin Diah.

"Saudara-saudara sudah bekerja keras, tapi saudara harus meneruskan pula dengan giat pekerjaan baru yaitu memperbanyak teks proklamasi itu," kata Hatta.

Teks proklamasi pun selesai disusun jelang makan sahur. Maka sebelum pulang, Hatta masih sempat makan sahur di rumah Laksamana Maeda. Menunya telur, roti dan ikan sardin karena tidak ada nasi. "Tetapi cukup mengeyangkan," kata Hatta.

Hatta pulang dengan menumpang mobil Soekarno. Hatta baru tidur setelah sembahyang subuh dan baru bangun pukul 08.30. 

Setelah mandi dan bercukur, dia bergegas ke Pegangsaan 56 untuk ikut dalam hari bersejarah itu. Hatta tiba 10 menit sebelum pukul 10.00, karena dia adalah sosok yang selalu tepat waktu. 

Dan tepat pukul 10.00 seperti yang dijanjikan, kemerdekaan Indonesia pun diproklamasikan. Lalu bendera merah putih dikibarkan dan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dinyanyikan. 

Baca Juga: Teks Proklamasi & Bendera Pusaka Dibawa Duta Pancasila Naik Kereta Kencana Diiringi 14 Kuda ke Monas

"Kami duduk sebentar kira-kira setengah jam. Setelah itu aku pulang ke rumah. Di rumah sudah menunggu sanak saudaraku yang berpencar tinggalnya di Jakarta. Semuanya terharu dan memberi selamat Indonesia merdeka," kata Hatta.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x