Kompas TV internasional kompas dunia

Ketika Seluruh Nama dan Foto Polisi AS yang Sedang Menyamar Bocor, Diposting di Internet

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 07:38 WIB
ketika-seluruh-nama-dan-foto-polisi-as-yang-sedang-menyamar-bocor-diposting-di-internet
Kepala polisi Los Angeles dan direktur kepolisian konstitusional departemen tersebut diperiksa setelah 9.300 nama dan foto anggota polisi yang sedang menyamar diberikan begitu saja kepada kelompok yang mempostingnya di internet. (Sumber: San Diego Union-Tribune)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Kepala polisi Los Angeles, Amerika Serikat, dan direktur kepolisian konstitusional departemen tersebut diperiksa setelah nama dan foto anggota polisi yang sedang menyamar diberikan begitu saja kepada kelompok yang mempostingnya di internet, seperti laporan Los Angeles Times yang dikutip Associated Press, Jumat, (24/3/2023).

Kepala polisi Los Angeles LAPD Michel Moore pada pertemuan komisi polisi pada hari Selasa meminta "maaf yang mendalam" kepada seluruh anggota polisi Los Angeles yang saat ini sedang bertugas dengan cara menyamar namun tidak mendapat pemberitahuan terlebih dahulu tentang pengungkapan tersebut.

Kelompok pengawas teknologi Stop LAPD Spying Coalition memposting informasi dan foto lebih dari 9.300 anggota polisi dalam basis data online yang dapat dicari setelah permintaan catatan publik oleh wartawan warga atau Citizen Journalist. Belum jelas berapa banyak yang menjadi polisi yang sedang menyamar dalam tugas menyelidiki kasus.

Coalition menentang pengumpulan intelijen oleh polisi dan mengatakan basis data tersebut seharusnya digunakan untuk "kontrasurveilans".

Baca Juga: Benarkah Nomor Telepon Jokowi Tak Sengaja 'Dibocorkan' Anwar Ibrahim? Ternyata karena Video Ini

Kepala polisi Los Angeles dan direktur kepolisian konstitusional departemen tersebut diperiksa setelah 9.300 nama dan foto anggota polisi yang sedang menyamar diberikan begitu saja kepada kelompok yang mempostingnya di internet. (Sumber: Los Angeles Times)

"Anda dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi petugas yang menyebabkan kerusakan di komunitas Anda," tulis kelompok tersebut. "Polisi memiliki informasi luas tentang kita semua, tetapi mereka bergerak dengan kerahasiaan."

Laporan Times menyebutkan, pelepasan nama dan foto polisi yang sedang menyamar tersebut tidak sengaja dilakukan oleh departemen tersebut, meskipun kantor jaksa kota menentukan bahwa lembaga tersebut secara hukum diwajibkan untuk menyerahkannya di bawah hukum catatan publik California.

"Kami akan mencari langkah apa atau tambahan yang dapat diambil untuk melindungi pengenal pribadi anggota kami," kata Moore pada hari Selasa.

Inspektur jenderal departemen memulai penyelidikan terhadap Moore dan direktur kepolisian konstitusional Liz Rhodes setelah Los Angeles Police Protective League, serikat yang mewakili petugas tingkat rendah, mengajukan keluhan pelanggaran terhadap mereka pada hari Senin.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Los Angeles Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x