Kompas TV nasional hukum

Saat Ayah David Ozora Pilih Tarik Ucapan Maaf untuk Mario Dandy Cs, Ini Alasannya

Kompas.tv - 24 Maret 2023, 05:20 WIB
saat-ayah-david-ozora-pilih-tarik-ucapan-maaf-untuk-mario-dandy-cs-ini-alasannya
Pengacara David Ozora, Melissa Anggraeni di program Kompas Malam KOMPAS TV, Kamis (24/3/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jonathan Latumahina, ayah dari Cristalino David Ozora (17), memutuskan menarik ucapan maaf terhadap pelaku penganiaya anaknya, Mario Dandy Satriyo.

Keputusan menarik ucapan maaf untuk Mario tersebut disampaikan Jonathan tepat di hari ke-30 David yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Pengacara David Ozora, Melissa Anggraeni menjelaskan ucapan maaf ayah korban kepada pelaku penganiayaan di ucapkan di hari kedua David mendapat perawatan.

Saat itu keluarga pelaku mendatangi keluarga korban dan meminta permohonan maaf atas perbuatan Mario Dandy. 

Baca Juga: Ayah David Tarik Ucapan Maaf untuk Mario karena Khawatir Dipakai Meringankan Hukuman: Tak Ada Ampun

Kala itu keluarga menilai sikap tersebut adalah rasa empati keluarga pelaku, dan tetap memproses kasus penganiayaan David ke jalur hukum. 

Di sisi lain, keluarga juga belum tahu duduk persoalan dan belum mendapat penjelasan lebih dalam terkait kondisi David. Video yang berisi penganiayaan juga belum beredar.

Namun belakangan ucapan maaf ayah korban terhadap pelaku penganiayaan seperti dimanfaatkan untuk meringankan hukuman. 

Hal ini yang membuat ayah korban menarik ucapan maaf kepada pelaku agar tidak dipakai dalam proses hukum yang sedang berjalan.

Baca Juga: Selain Pasal Penganiayaan Mario Dandy Bisa Terjerat Pasal UU ITE | Laporan Khusus

"Para pelaku ini melalui kuasa hukumnya mencoba memaanfaatkan kondisi ucapan memaafkan yang pada saat itu dan menyampaikan berkali-kali keluarga David sudah memaafkan menyambut baik pada saat itu. Ini kesan yang ditangkap keluarga dan membuat geram," ujar Melissa di program Kompas Malam KOMPAS TV, Kamis (23/3/2023).

Melissa menjelaskan penarikan ucapan maaf ayah korban bukan hanya kepada Mario Dandy, tapi juga kepada tersangka Shane Lukas dan AG, anak yang berkonflik dengan hukum.

Menurutnya keluarga korban tidak ingin ucapan maaf digunakan para pelaku dalam proses hukum untuk mendapatkan keringanan hukuman. 

"Rasanya memang masih berat dari orangtua David untuk masuk ke wilayah itu (memaafkan pelaku). Lebih baik mereka tunjukkan saja itikat baiknya dengan tidak berbelit-belit, tidak berbohong," ujar Melissa. 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x