Kompas TV olahraga sepak bola

Giliran PDIP Surabaya Tolak Timnas Israel Main di Piala Dunia U20 2023, Begini Alasannya

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 19:24 WIB
giliran-pdip-surabaya-tolak-timnas-israel-main-di-piala-dunia-u20-2023-begini-alasannya
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U20 2023. (Sumber: Tribunnews/Boby Koloway)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kedua DPC PDIP Surabaya Adi Sutawijono menyebut pihaknya mengambil sikap menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U20 2023. 

Seperti diketahui, Surabaya merupakan salah satu dari enam kota yang akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia U20 2023 Indonesia. 

Nantinya, Stadion Gelora Bung Tomo akan dijadikan salah satu arena Piala Dunia U20 2023 yang mulai bergulir 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. 

Baca Juga: Israel Ditolak Main di Piala Dunia U20, Ngabalin: Jangan Dicampuradukkan Olahraga dengan Politik

Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20 ini menjadi sorotan utama publik Tanah Air, termasuk PDIP Kota Surabaya. 

Aksi Israel yang terus menyerang Palestina menjadi alasan utama PDIP Surabaya dalam menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia. 

“Kemarin kita membaca berita bagaimana Israel melakukan serangan dengan melemparkan gas air mata ke rumah sakit di Ramallah, Palestina. Sebuah aksi kejam yang melanggar prinsip kemanusiaan,” sebut Adi, Kamis (23/3/2023), dikutip dari Tribunnews.

“Saat umat muslim menyambut antusias datangnya bulan suci Ramadan, justru Israel melakukan serangan ke Tepi Barat, Palestina. Untuk kesekian kalinya Israel tidak menunjukkan penghormatan kepada bangsa Palestina."

Baca Juga: Gubernur Bali Tolak Israel Ikut Piala Dunia U20, Plt Menpora: Masih Koma, Belum Titik

"Kita bangsa Indonesia harus bersuara keras menentang aksi biadab itu," sambung pria yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Surabaya. 

Lebih lanjut, Adi menyebut kemanusiaan universal harus melandasi setiap aspek kehidupan, termasuk penyelenggaraan event olahraga. 

"Kita harus menolak kehadiran Israel di Piala Dunia U20 yang akan berlangsung di Indonesia," kata Adi melanjutkan.

“Maka tak bisa ajang olahraga berdiri sendiri dengan mengabaikan pelanggaran kemanusiaan universal yang dilakukan perwakilan negara yang telah melanggar nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku umum."

Baca Juga: Singgung Komitmen Bung Karno, Ganjar Tolak Timnas Israel Main di Indonesia

"Kemanusiaan universal adalah prinsip. Ketika itu dilanggar, maka ajang olahraga harus menegaskan sikap berani melawannya,” papar Adi.

Sebelumnya, penolakan juga dilakukan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x