Kompas TV regional berita daerah

Nakes Ingatkan Masyarakat Atasi TBC

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 13:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berdasarkan data, Indonesia secara global menduduki peringkat kedua setelah India, untuk prevalensi penyakit Tuberkulosis atau TB, yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis tersebut.

Untuk menekan angka penyakit tersebut, RSUP Dokter Kariadi Kota Semarang gencar sosialisasi pencegahan dan pengobatan TBC di area Car Free Day, yakni di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, yang sekaligus memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia.

Direktur Utama RSUP Dokter Kariadi, Farichah Hanum menegaskan, untuk mengatasi TBC tidak hanya dibebankan pada tenaga kesehatan semata. Namun, perlu dukungan semua elemen masyarakat. Pihaknya ikut berkomitmen untuk berupaya tahun 2030 Zero Penderita TBC.

“Ini adalah bagian dari komitmen RS Kariadi untuk mengeliminasikan TB. Targetnya di 2030 zero, eliminasi nol. Mudah-mudahan ini ikhtiar kita bersama dan perjuangan bisa memberikan hasil,” kata Farichah Hanum.

Pada kesempatan ini juga diadakan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, serta dilakukan penggalang tanda tangan untuk ikut berperan tekan penyakit TBC.

#tbc #rskariadi #nakes



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x