Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ini Kata Komisi Eropa Soal Bahaya Amunisi Mengandung Uranium, tapi Inggris Tetap Kirim ke Ukraina

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 07:35 WIB
ini-kata-komisi-eropa-soal-bahaya-amunisi-mengandung-uranium-tapi-inggris-tetap-kirim-ke-ukraina
Tank Inggris Challenger 2. Pemerintah Inggris mengakui akan mengirim amunisi mengandung uranium terdeplesi atau depleted uranium DU kepada Ukraina untuk melawan pasukan Rusia, namun membantah amunisi itu masuk kategori senjata nuklir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Inggris mengakui akan mengirim amunisi mengandung uranium terdeplesi atau depleted uranium DU kepada Ukraina untuk melawan pasukan Rusia, namun membantah amunisi itu masuk kategori senjata nuklir, seperti kata Menlu Inggris James Cleverly, Rabu (22/3/2023). 

Namun Dirjen Kesehatan dan Keamanan Pangan Komisi Eropa mengatakan penggunaan depleted uranium DU, khususnya, dalam amunisi, tetap menimbulkan kekhawatiran tentang risiko kesehatan dari bahan tersebut.

Tinjauan ahli sebelumnya menyimpulkan tidak ada bukti konklusif bahaya dari paparan DU, namun temuan ini kontroversial dan terus diperdebatkan.

Komite Ilmiah tentang Risiko Kesehatan dan Lingkungan (SCHER) meninjau laporan yang ada dan literatur ilmiah terbaru untuk menilai risiko kesehatan terhadap mahluk hidup termasuk manusia. 

Apa itu depleted uranium dan bagaimana penggunaannya?

Depleted uranium adalah produk sampingan dari pengayaan uranium alam untuk membuat bahan bakar nuklir. Ini kurang radioaktif daripada uranium alami karena mengandung lebih sedikit bahan fisi U-235 .

Uranium adalah logam yang sangat padat, 1,7 kali lebih padat dari timbal, dan ini cocok untuk penggunaan di mana massa besar dalam volume kecil menguntungkan. 

Ini termasuk cangkang dan bom yang menembus lapis baja. Amunisi yang mengandung DU digunakan dalam Perang Teluk pada tahun 1991 dan 2003, serta di Serbia dan Kosovo.

Baca Juga: Inggris Berencana Kirim Peluru Tank dengan Uranium Terdeplesi ke Ukraina, Rusia Ancam Konsekuensi

Menlu Inggris James Cleverly hari Rabu, (23/3/2023) mengakui akan mengirimkan amunisi berkandungan uranium kepada Ukraina untuk melawan Rusia, bantah itu nuklir (Sumber: Kyiv Post)

Apa dampak kesehatan dari radiasi depleted uranium?

Radiasi dapat menyebabkan penyakit radiasi karena kerusakan jaringan yang bersifat dampak langsung. Kerusakan tersebut terlihat setelah radioterapi, kecelakaan industri, dan penggunaan senjata nuklir. Sel-sel yang bereproduksi dengan cepat, seperti yang ada di lapisan usus, sumsum tulang, dan kulit, paling terpengaruh. 

Paparan yang sangat parah menyebabkan kerusakan jaringan dan dengan cepat berakibat fatal.

Penyakit radiasi hanya terlihat di atas dosis radiasi ambang batas. Dosis seperti itu tidak diharapkan untuk dilihat dari jalur paparan uranium terdeplesi yang dapat dibayangkan.

Radiasi juga dapat menyebabkan mutasi pada DNA, yang meningkatkan risiko kanker. Risiko biasanya diasumsikan meningkat dengan dosis tanpa ambang minimum.

Penelitian belum menunjukkan hubungan yang pasti antara jumlah tumor dan dosis radiasi dalam kisaran radiasi latar. Ini mungkin karena kesulitan melakukan studi epidemiologi yang melibatkan dosis tersebut. Namun, ada juga beberapa bukti biologis baru-baru ini untuk ambang batas efek karsinogenik baik untuk radiasi maupun kerusakan kimia.

Apakah depleted uranium menimbulkan bahaya radiasi?



Sumber : Kompas TV/Komisi Eropa


BERITA LAINNYA



Close Ads x