Kompas TV cerita ramadan amalan

Ingat-ingat, 8 Hal Ini Bikin Puasa Kamu Batal, Jika Muntah Bagaimana?

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 05:10 WIB
ingat-ingat-8-hal-ini-bikin-puasa-kamu-batal-jika-muntah-bagaimana
Awal puasa Ramadan 2023 versi Pemerintah, NU dan Muhammadiyah berpotensi sama yakni pada Rabu, 23 Maret 2023. (Sumber: pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 1 Ramadan 1444 Hijriah atau bulan puasa Ramadan 2023 sudah tiba hari ini Kamis (23/3/2023) dan umat Islam mulai menjalaninya. Lantas, apa saja yang  perkara membatalkan puasa? 

Puasa adalah Rukun Islam ketiga dalam Islam dan wajib dilaksanakan umat Islam. 

Pemerintah Indonesia sudah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1444 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (22/3) malam.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria MABIMS serta laporan rukyatul hilal, tadi kita bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023 Masehi,” ujar Menag Yaqut.

Dilansir dari NU Online, ada 8 hal yang membatalkan puasa dan wajib diketahui ketika menjalankan puasa:

Hal Yang membatalkan Puasa 

1. Masuknya sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja

Hal tersebut maksudnya tidak boleh ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh melalui salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam (jauf) seperti mulut, hidung, dan telinga.

Namun apabila hal tersebut terjadi dengan tidak sengaja, maka tidak membatalkan dan puasa tetap sah. 

2. Berobat dengan cara memasukkan obat atau benda melalui qubul (lubang bagian depan) atau dubur (lubang bagian belakang)

Itu berarti pengobatan bagi orang yang menderita ambeien atau orang yang sakit dengan pengobatan memasang kateter urin bisa membatalkan puasa. 

3. Muntah dengan disengaja

Jadi muntah karena tidak disengaja, maka tidak apa-apa. Tapi puasa jadi batal karena muntah disengaja. Karena ditakutkan akan ada muntahan yang tertelan. Namun apabila tidak disengaja maka puasanya tidak batal selama tidak ada muntahan yang ditelan. 

Baca Juga: Wakil Ketua MUI: yang Puasa Jangan Minta Dihormati, Hendaknya Saling Toleransi

4. Melakukan hubungan suami istri di siang hari puasa dengan sengaja



Sumber : Kompas TV/NU Online

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.