Kompas TV internasional kompas dunia

Ternyata Pernah Konflik Terbuka, Inilah Sejarah Pahit-Manis Hubungan Rusia dan China

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 05:30 WIB
ternyata-pernah-konflik-terbuka-inilah-sejarah-pahit-manis-hubungan-rusia-dan-china
Pemimpin China Mao Zedong dan pemimpin Uni Soviet saat itu Nikita Khruschev. Tetangga bisa menjadi teman baik atau rival yang pahit. Berbagi perbatasan ribuan kilometer, Beijing dan Moskow pernah menjadi keduanya, pernah sangat mesra dan pernah konflik terbuka. (Sumber: Japan Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

TAIPEI, KOMPAS.TV — Pemimpin China Xi Jinping baru saja menyelesaikan kunjungan tiga hari bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, sebuah acara yang hangat di mana kedua pemimpin memuji satu sama lain dan berbicara tentang persahabatan yang mendalam.

Dalam laporannya, Kamis (23/3/2023), The Associated Press menyebutkan pertemuan kedua kepala negara tersebut merupakan puncak dalam hubungan yang rumit selama berabad-abad di mana kedua negara tersebut menjadi sekutu dan musuh.

China dan Rusia selalu menjadi bagian penting dalam urusan luar negeri satu sama lain sejak abad ke-17 ketika dua kerajaan menciptakan perbatasan dengan perjanjian yang ditulis dalam bahasa Latin.

Tetangga bisa menjadi teman baik atau rival yang pahit. Berbagi perbatasan ribuan kilometer, Beijing dan Moskow pernah menjadi keduanya, pernah sangat mesra dan pernah konflik terbuka.

"Hubungan antara China dan Rusia selalu tidak mudah," kata Susan Thornton, mantan diplomat dan senor fellow di Paul Tsai China Center di Fakultas Hukum Yale.

Baca Juga: AS Ngotot Tak Mau China Jadi Mediator Rusia-Ukraina: Mereka Tak Mungkin Imparsial

Presiden China Xi Jinping dan presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, 21 Maret 2023. Pemimpin China Mao Zedong dan pemimpin Uni Soviet saat itu Nikita Khruschev. Tetangga bisa menjadi teman baik atau rival yang pahit. Berbagi perbatasan ribuan kilometer, Beijing dan Moskow pernah menjadi keduanya, pernah sangat mesra dan pernah konflik terbuka. (Sumber: AP Photo)

Urusan Uni Soviet Hari Ini adalah Urusan Kita Besok

Republik Rakyat China didirikan pada tahun 1949, setelah pendudukan Jepang yang brutal selama Perang Dunia II dan perang saudara berdarah antara Partai Nasionalis dan Komunis.

Rusia adalah bagian dari Uni Soviet, kekuatan superglobal, sementara China miskin, dilanda perang, dan tidak diakui oleh sebagian besar pemerintah. Pemimpin komunis Mao Zedong lebih muda dari Josef Stalin, yang memimpin Uni Soviet sampai kematiannya pada tahun 1953.

Awal Republik Rakyat bergantung pada Uni Soviet untuk bantuan dan keahlian ekonomi. Pada tahun 1953, slogan yang muncul di surat kabar China adalah "Urusan Uni Soviet hari ini adalah urusan kita besok."

Uni Soviet mengirim sekitar 11.000 ahli pada tahun 1954-58 untuk membantu China membangun kembali setelah perang saudara, menurut Joseph Torigian, profesor asosiasi di Sekolah Layanan Internasional Universitas Amerika.

Kedua negara juga memiliki aliansi militer resmi, tetapi Moskow memutuskan tidak memberikan teknologi senjata nuklir kepada China.

Baca Juga: Putin Sambut Baik Usaha China Akhiri Perang Ukraina, Tegaskan Hubungan Mereka di Titik Tertinggi

Potret mantan pemimpin Mao Zedong di Gerbang Tiananmen di Beijing, Jumat, 14 Oktober 2022. Tetangga bisa menjadi teman baik atau rival yang pahit. Berbagi perbatasan ribuan kilometer, Beijing dan Moskow pernah menjadi keduanya, pernah sangat mesra dan pernah konflik terbuka. (Sumber: AP Photo/Ng Han Guan)

Putusnya Kemesraan Uni Soviet - China

Namun ada gesekan antara kedua negara, terutama setelah kematian Stalin. Pada tahun 1956, Perdana Menteri Soviet Nikita Khrushchev mengutuk "kultus kepribadian" Stalin dalam pidatonya kepada anggota Partai Komunis yang kemudian dikenal sebagai "pidato rahasia." Mao, yang telah mencontohkan dirinya pada pemimpin Soviet sebelumnya, mengambilnya secara pribadi.

Ketika Mao memutuskan untuk menembakkan artileri ke dua pulau kecil yang dikuasai oleh Partai Nasionalis Taiwan yang telah dikalahkan dalam perang saudara China, ia tidak memberi tahu Khrushchev.

Khrushchev melihatnya sebagai pengkhianatan dari aliansi, kata Torigian. Pada tahun 1959, Uni Soviet tetap netral selama konflik perbatasan antara China dan India, yang membuat China merasa bahwa ia tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari sekutunya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x