Kompas TV olahraga sepak bola

18 Perwakilan FIFA Mulai Inspeksi Terakhir 6 Stadion untuk Piala Dunia U20

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 22:06 WIB
18-perwakilan-fifa-mulai-inspeksi-terakhir-6-stadion-untuk-piala-dunia-u20
FIFA telah memulai inspeksi terakhir untuk enam stadion yang menjadi venue Piala Dunia U20, Rabu (22/3/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 18 perwakilan FIFA sudah mulai inspeksi terakhir untuk enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U20 2023.

18 perwakilan FIFA tersebut berasal dari berbagai departemen seperti kompetisi, keselamatan dan keamanan, media, dan departemen-departemen esensial yang mendukung jalannya pertandingan.

Perwakilan FIFA akan memulai inspeksi secara menyeluruh ke enam kota tuan rumah selama 6 hari berturut-turut mulai Rabu (22/3/2023) hingga Senin (27/3/2023).

Selama menjalankan tugasnya, para perwakilan FIFA akan didampingi oleh panitia penyelenggara (LOC). 

"Hari ini FIFA memulai inspeksi terakhir mereka di Jakarta," kata Project Manager LOC untuk Piala Dunia U20 Ratu Tisha, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (22/3/2023). 

"Prinsipnya FIFA mengecek persiapan terakhir semua venue dan memberikan feedback secara detail, di mana masukan ini menjadi input penting bagi semua pihak yang terlibat," tuturnya.

"Kedatangan mereka penting karena menjadi input bagi kita sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun ini," imbuh wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI itu. 

Baca Juga: FIFA akan Audit Ulang Stadion Piala Dunia U20, PSSI Pasrah Kalau Ada Veneu yang Dicoret

Pada inspeksi yang dilakukan, FIFA bersama LOC mendiskusikan semua hal terkait operasional selama pertandingan termasuk di dalamnya penentuan akses, perencanaan keamanan dan semua kelengkapan yang harus disiapkan.

Inspeksi ini sekaligus menjadi inspeksi terakhir yang dilakukan FIFA sebagai bagian dari persiapan jelang penyelenggaraan Piala Dunia U20 yang dimulai pada 20 Mei 2023 mendatang.

Setelah Jakarta, selanjutnya FIFA akan mengunjungi kota tuan rumah lainnya secara berurutan, hingga inspeksi berakhir di Bali. 

Di Pulau Dewata akan dilakukan persiapan jelang pelaksanaan pengundian resmi untuk pembagian grup Piala Dunia U20 yang rencananya dilaksanakan pada 31 Maret 2023 mendatang.

Sebanyak 24 tim sudah dipastikan lolos berlaga di Piala Dunia U20 2023.

Mereka antara lain; Indonesia sebagai tuan rumah, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia, Uzbekistan, Irak, Jepang dan Korea Selatan. 

Enam stadion telah dipersiapkan untuk venue pertandingan yakni  Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Pembukaan Piala Dunia U20 rencananya akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sedangkan penutupan sekaligus final digelar di Stadion Manahan. 

Baca Juga: Rencana Hadirnya Tim U-20 Israel, Pengamat: Semua Anggota FIFA Harus Diterima



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x