Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Besok Puasa 2023 Dimulai, Simak 5 Tips Sahur agar Tidak Mudah Lapar dan Lemas

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 21:11 WIB
besok-puasa-2023-dimulai-simak-5-tips-sahur-agar-tidak-mudah-lapar-dan-lemas
Ilustrasi sahur. (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan bahwa awal Ramadan 2023 atau 1 Ramadan 1444 H jatuh besok Kamis (23/3/2023). Artinya, besok dini hari umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan akan melaksanakan sahur perdana 2023. 

Pemilihan menu sahur penting untuk diperhatikan agar puasa Ramadan hari pertama dapat berjalan dengan lancar, tidak mudah lapar, dan tidak lemas. Dengan demikian, kita tetap bisa produktif meski tengah berpuasa.

Berikut beberapa tips sahur agar tidak mudah lapar saat puasa, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Sajian Olahan Telur untuk Sahur yang Praktis, Cepat, dan Bergizi

Tips Sahur agar Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

1. Pilih makanan yang sehat dan bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi dapat memberikan energi yang cukup untuk menjaga stamina selama berpuasa. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan vitamin. 

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan oatmeal dapat memberikan energi yang stabil dan tahan lama. Serat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Protein seperti telur, ikan, dan daging dapat membantu mempertahankan massa otot. Sedangkan vitamin dan mineral seperti vitamin C, zat besi, dan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ahli Gizi UGM: Berikut Tiga Jenis Makanan untuk Sahur dan Berbuka Puasa selama Ramadan

2. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Makan terlalu banyak pada saat sahur dapat membuat Anda merasa kenyang, tetapi juga membuat Anda merasa lelah dan sulit bergerak selama berpuasa. Sebaliknya, makan terlalu sedikit juga dapat membuat Anda cepat merasa lapar dan lelah. 

Sebaiknya pilih porsi yang seimbang dan cukup untuk memberikan energi yang cukup selama berpuasa.

3. Minum air putih yang cukup

Ketika berpuasa, tubuh cenderung mengalami dehidrasi karena kurangnya cairan yang masuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat sahur. 

Sebaiknya minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi selama berpuasa.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh, Dilengkapi Artinya dan Penjelasan Lengkap

4. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan garam

Makanan yang mengandung banyak gula dan garam dapat membuat Anda mudah merasa haus dan lapar selama berpuasa. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula dan garam tinggi seperti permen, minuman manis, keripik, dan makanan cepat saji.

5. Pilih waktu sahur yang tepat

Waktu sahur yang tepat juga sangat penting untuk menjaga stamina selama berpuasa. Sebaiknya makan sahur 2-3 jam sebelum waktu imsak untuk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan dan memproses energi yang cukup untuk selama berpuasa.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x