Kompas TV regional berita daerah

Warga di Jember Awali Puasa Ramadhan Pada Rabu 22 Maret 2023

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 19:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sejumlah umat muslim di Kabupaten Jember Dan Bondowoso Jawa Timur sudah memulai puasa bulan ramadhan pada hari Rabu (22/3/2023). Awal puasa ditandai dengan pelaksanaan shalat tarawih pada Selasa (21/3/2023) malam. Penetapan satu ramadhan ini mengacu pada hitungan dalam kitab salaf nazahatul majalis.

Warga dan santri Pondok Pesantren Maghfilud Duror Desa Suger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember sudah mulai melaksanakan ibadah sholat tarawih pada Selasa (21/3/2023) malam. Sholat tarawih ini sebagai tanda bahwa mereka mengawali puasa ramadhan pada hari Rabu atau 22 Maret 2023. Para jamaah melaksanakan shalat tarawih sebanyak 23 rakaat lalu dilanjutkan dengan tadarus alquran.

Penetapan satu ramadhan berdasarkan pada hitungan kitab salaf nazahatul majalis yang ditulis oleh Syek Abdurrahman As Syufuri As Syafi’i pada tahun 1346 silam. Dalam hitungannya, satu ramadhan mengambil pada hitungan pelaksanaan wukuf dengan menggunakan rukum iman dan hitungan lima hari dari awal bulan ramadhan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kisah Ahmad Izzuddin, Jadi Petugas Pemantau Hilal Sejak 1999

Selain di kecamatan Jelbuk Jember, pelaksanaan shalat tarawih pada selasa malam juga dilakukan sebagian umat islam di sebagian wilayah di Kabupaten Bondowoso.

 

#puasaramadhan #awalramadhan #shalattarawih #jember #pondokpesantren



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.