Kompas TV saintek teknologi

Copilot, Fitur AI Microsoft untuk Word, Excel dan Powerpoint

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 06:00 WIB
copilot-fitur-ai-microsoft-untuk-word-excel-dan-powerpoint
Microsoft luncurkan produk teknologi kecerdasan buatan (AI) bernama Copilot. (Sumber: Microsoft.com)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Microsoft meluncurkan produk teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) baru bernama Copilot.

Copilot akan terintegrasi dengan aplikasi Microsoft 365, seperti Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Teams dan lainnya.

Copilot mendapatkan dukungan dari GPT-4 yang dikembangkan Open AI, dan terintegrasi ke dalam aplikasi Microsoft 365 layaknya seorang asisten.

"Ini bekerja beriringan denganmu, terintegrasi dengan Aplikasi Microsoft 365 yang Anda pakai setiap hari, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams dan lainnya, untuk memudahkan kreativitas, meningkatkan produktivitas dan skill baru," tulis Corporate Vice President, Modern Work & Business Applications Microsoft, Jared Spataro dalam blog resmi Microsoft.

Baca Juga: Wajib Tahu, Berikut Cara Membuat Presentasi yang Bagus dan Menarik di Microsoft PowerPoint

Microsoft juga mengunggah sebuah video demo dari penggunaan fitur copilot di aplikasi Microsoft 365.

Misalnya, di Word, Copilot dapat memberikan kemudahan untuk menyusun draf pertama tulisan sebelum nantinya digunakan maupun diedit oleh pengguna.

Di Powerpoint, Copilot dapat membuat slide presentasi berdasarkan dokumen berbasis teks. Sementara di Excel, pengguna dapat dibantu Copilot untuk melakukan analisis data hingga membuat grafik.

Adapun di Outlook, Copilot bisa membalas maupun menyiapkan draf jawaban email di aplikasi tersebut. Sementara di Microsoft Teams, Copilot dapat menyediakan ringkasan rapat agar pengguna bisa tetap mengikuti diskusi.

Microsoft juga meluncurkan fitur Business Chat. Fitur yang menggunakan AI untuk memunculkan informasi dan wawasan yang pengguna butuhkan di semua data dan aplikasi bisnis lainnya.

Meski demikian, Jared Spataro mengatakan, tidak selamanya Copilot akan memberi atau menjalankan perintah dengan benar.

Baca Juga: OpenAI Rilis GPT-4, Upgrade Terbaru ChatGPT

"Terkadang Copilot bisa saja benar, namun di lain waktu juga bisa salah. Walau belum sempurna, tetapi bisa tetap diandalkan," pungkas Spataro.

Fitur ini sedang dalam proses uji coba ke sejumlah pengguna berskala kecil untuk mendapatkan umpan balik dan peningkatan fitur-fitur Copilot.

 



Sumber : Kompas TV/Microsoft.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x