Kompas TV nasional 60 menit special report

Pengamatan Hilal di Bukit Condrodipo Gresik: 4 Teleskop Disiapkan, Cuaca Mendung

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 16:57 WIB
pengamatan-hilal-di-bukit-condrodipo-gresik-4-teleskop-disiapkan-cuaca-mendung
Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, Faisol, menerangkan tentang empat teleskop yang digunakan dalam pengamatan hilal awal Ramadan di Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Rabu (22/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

GRESIK, KOMPAS.TV - Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Gresik melakukan pengamatan hilal di Bukit Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (22/3/2023).

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Via Irmar di lokasi, ada empat teleskop yang dioperasikan dalam rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1444 Hijriah.

Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, Faisol, menjelaskan, gambar yang ditangkap oleh empat teleskop tersebut akan disambungkan ke laptop dan ditayangkan secara langsung atau live streaming ke layar-layar yang disediakan.

"Teleskop ini khusus untuk live streaming bagi teman-teman yang ingin lihat langsung tampilan dari teleskop," kata Faisol, Rabu (22/3).

Ia menerangkan jenis teleskop yang digunakan dalam pengamatan hilal kali ini ialah teleskop ekuatorial.

"Teleskop ekuatorial yang memang di-setting (diatur) khusus untuk pengamatan hilal yang memiliki intensitas cahaya yang redup," jelasnya.

Baca Juga: Pemantauan Hilal Ramadan 1444, BMKG Makassar Siapkan 2 Teleskop, Kondisi Cuaca Cerah Berawan

Empat teleskop yang disediakan, kata dia, akan menampilkan visual yang sama akan tetapi gerakannya berbeda-beda.

"Secara otak atau optical tube, asesmennya sama, tapi mounting (pergerakan)-nya berbeda-beda," jelasnya.

Ia menerangkan, dua teleskop akan bergerak mengikuti pergerakan langit secara horizontal dengan satu sumbu pergerakan atau hanya bergerak naik dan turun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x