Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Justin Hubner Dipanngil Timnas U20 Belanda, STY: Proses Naturalisasinya Kurang Cepat

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 16:44 WIB
soal-justin-hubner-dipanngil-timnas-u20-belanda-sty-proses-naturalisasinya-kurang-cepat
Calon pemain naturalisasi Timnas U20 Indonesia, Justin Hubner. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong,  menyebut proses naturalisasi yang kurang cepat membuat Justin Hubner tidak bisa segera  bergabung dengan  Timnas U20 Indonesia untuk pemusatan latihan. Saat ini Justin telah bergabung dengan Timnas U-20 Belanda. 

Seperti diketahui, Justin Hubner merupakan salah satu calon pemain naturalisasi untuk Timnas U20 Indonesia. Justin beserta Ivar Jenner dan Rafael Struick diproyeksikan memperkuat Garuda di ajang Piala Dunia U20 2023 Mei mendatang. 

Ketiga pemain tersebut mendapat restu dari Komisi X DPR RI untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Tetapi, proses untuk menjadi Warga Negara Indonesia masih belum rampung. 

Baca Juga: Cinta Indonesia, Bintang Persik Kediri Renan Silva Terang-terangan Minta Dinaturalisasi

Lain itu, ketiganya juga dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Korea Selatan mulai Senin (20/3) sampai April nanti. 

Namun, khusus Justin, dirinya juga mendapatkan panggilan dari Timnas U20 Belanda. Bek berusia 19 tahun itu dipanggil Belanda U20 untuk laga persahabatan kontra Prancis U20 pada 25 Maret mendatang. 

Shin Tae-yong menyebut situasi ini bisa tercipta karena proses naturalisasi yang lambat. 

"Masalah ini bisa terjadi karena proses naturalisasinya kurang cepat," ujar Shin Tae-yong saat memimpin latihan timnas senior dan Timnas U20 di Stadion PTIK, Senin (20/3/2023) dikutip dari Antara


 

Walau demikian, pelatih asal Korea Selatan tetap optimistis Justin Hubner akan bermain untuk Timnas U20 Indonesia di Piala Dunia U20 mendatang. 

Baca Juga: Soal Calon Naturalisasi Timnas U20 Justin Hubner, Indra Sjafri: Dia Masih Berkomitmen

Shin mengaku telah menelpon langsung Justin dan mengungkapkan sang pemain Wolverhampton Wanderers masih berniat untuk membela Garuda. 

"Tetapi saya memang langsung telepon dengan Justin dua hari lalu dan dia masih niat, dia mau menjadi Warga Negara Indonesia," sambung Shin Tae-yong.

"Jadi walaupun dipanggil timnas Belanda tidak masalah, yang penting kita akan tetap proses, melanjutkan proses naturalisasi. Saya percaya dia pasti akan datang ke timnas," imbuhnya.

Piala Dunia U20 2023 sendiri dijawalkan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei-11 Juni 2023. 

Sementara untuk drawing atau undian fase grup bakal berlangsung di Bali, 31 Maret mendatang.

Baca Juga: Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U20, Ngabalin: Jangan Campur Olahraga dengan Politik

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x