Kompas TV regional berita daerah

TPID Jateng Pantau Pergerakan Harga Jelang Ramadhan

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 14:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pantauan harga dan stok kebutuhan pokok dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah, yang terdiri Kantor Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Satgas Pangan Polda Jawa Tengah (Jateng), dan Dinas Perdagangan Kota Semarang. Mereka melakukan pantauan di dua lokasi, yaitu Pasar Johar dan supermarket di Jalan Imam Bonjol, Kota Semarang.

Dari pantauan Tim Kompas TV, untuk stok kebutuhan pokok dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan dan Lebaran. Namun dari pantau yang dilakukan, ada beberapa komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga seperti telur, beras, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih serta daging ayam.

Eddy S Bramiyanto, Kepala Biro Perekonomian Setda Jateng menegaskan, terjadi perbedaan harga yang wajar di pasar dengan di supermarket. Sementara untuk kenaikan harga, TPID menilai masih dalam batas kewajaran. Pemerintah Provinsi Jateng berjanji akan menggelar operasi pasar jika kenaikan harga dipandang sudah tidak wajar atau naik terlalu tinggi.

“Ketika sudah melihat lampu warningnya sudah mulai kuning kita akan melakukan operasi pasar, tapi acuan kita adalah harga yang dipasar. Ketika harga di pasar lebih tinggi kita operasi pasar,” ujar Eddy.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng menegaskan, pantauan harga ini dilakukan untuk menjaga laju inflasi di Jawa Tengah.
#inflasi #ramadan #lebaran
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x