Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Thrifting Dilarang, Ribuan Kios di Pasar Cimol Gedebage Tutup, Pedagang Harap Solusi dari Pemerintah

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 14:51 WIB
thrifting-dilarang-ribuan-kios-di-pasar-cimol-gedebage-tutup-pedagang-harap-solusi-dari-pemerintah
Ribuan kios penjualan baju bekasdi Pasar Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/3/2023) tutup sementara. (Sumber: Kompas.id/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribuan kios pakaian bekas di Pasar Cimol Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, tutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cimol Gedebage Rusdianto mengatakan, penutupan tersebut imbas pemerintah yang melarang bisnis baju bekas impor atau thrifting yang saat ini tengah diminati banyak masyarakat. 

”Besok buka atau tidak, masih belum ada informasi, tetapi hari ini kami tutup dulu," kata Rusdianto, Selasa (21/3/2023), dikutip dari Kompas.id.

Para pedagang, lanjut dia berharap adanya solusi dari pemerintah terkait permasalahan tersebut, mengingat mereka menggantungkan hidup dari berdagang pakaian bekas ini.

"Kami berharap pemerintah memberikan solusi kami menjual (baju bekas) ini untuk kehidupan sehari-hari. Pemerintah juga harus memikirkan nasib rakyat,” tegasnya.

Menurut penjelasannya, jumlah kios yang berjualan di sentra pakaian bekas ini mencapai 1.100 unit. Selain itu, di sekitar Pasar Gedebage, lebih dari 500 unit yang turut menjual pakaian bekas impor dari berbagai negara.


 

Para pedagan Pasar Gedebage, kata dia, sejak dilakukan pelarangan penjualan barang bekas, sudah tidak menerima pasokan stok. 

"Kami sejak beberapa hari lalu sudah tidak mendapatkan stok baru,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pelarangan barang bekas ini membuat para pedagang resah, terlebih larangan tersebut disampaikan menjelang bulan Ramadan, di mana kebutuhan meningkat.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x