Kompas TV regional berita daerah

Penuhi Pasar Global, Menteri KKP Genjot Produksi Tilapia

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 13:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Usai membuka Bulan Mutu Karantina di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, mengingat kebutuhan pasar internasional terhadap tilapia sangat besar, bahkan pasar tilapia di tahun 2023 secara internasional mencapai 13,9 miliar dolar Amerika Serikat.

Menurutnya, kawasan Pantai Utara Jawa Tengah juga memiliki prospek bagus untuk pengembangan tilapia laut. Tak hanya itu, sejumlah ekspor perikanan Indonesia seperti udang, lobster, tuna, sotong, gurita dan kepiting juga akan digenjot.

“Di sisi lain kita ingin ada lima komoditi yang sangat kuat di internasional, yaitu udang, lobster, kepiting, lalu tilapia. Itu kita akan genjot, untuk kemudian budi dayanya semakin bagus. Dan terakhir adalah rumput laut,” ujar Sakti Wahyu Trenggono.

Sejauh ini, pasar ekspor ikan masih terbilang bagus dan tidak terdampak resesi global karena kebutuhan protein dunia yang disumbangkan dari sektor perikanan terus meningkat.

#perikanan #saktiwahyu #menterikkp



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.