Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang Ramadan Kebutuhan Daging Disebut Bakal Naik, Pemprov DKI Gandeng Swalayan untuk Jaga Pasokan

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 06:55 WIB
jelang-ramadan-kebutuhan-daging-disebut-bakal-naik-pemprov-dki-gandeng-swalayan-untuk-jaga-pasokan
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi pemilik Transmart, Chairul Tanjung, meninjau ketersediaan daging di Transmart Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2023). (Sumber: Kompas.id/Stafanus ato)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagai upaya menjaga pasokan dan harga pangan, terutama daging, menjelang Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan beragam pihak. Termasuk dengan pasar swalayan modern seperti Transmart.

Pasalnya, kebutuhan daging sapi di DKI Jakarta makin meningkat.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, di Jakarta, konsumsi daging sapi setiap bulan mencapai 6.000 ton.

Konsumsi tersebut diprediksi bakal naik 10 persen saat Ramadan dibandingkan konsumsi daging pada hari biasa.

Adapun, harga daging sapi di Jakarta saat ini berada di kisaran Rp 150.000 per kilogram.

“Kami sendiri sudah siapkan 500 ton daging sapi, 500 ton ayam, dan 500 sampai 600 ton ikan,” katanya, dikutip dari Kompas.id, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Thrifting vs Industri Lokal: Harga Tak Bisa Kompetitif, Ancam Lapangan Kerja

Raditya juga menyebutkan, harga daging sapi di pasar tradisional dinilai masih cukup stabil. Harga daging sapi di pasar tradisional saat ini berkisar Rp145.000-Rp150.000 per kg.

Diketahui, pada Selasa (21/3) sore, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi Transmart di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Kunjungan itu bagian dari kerja sama Pemprov DKI Jakarta dan Transmart dalam rangka menjaga stabilitas harga daging sapi menjelang Ramadhan di Ibu Kota.

“Ini adalah bagian kita bekerja sama sesama anak bangsa agar memasuki Ramadhan, semua kebutuhan pokok bisa pemerintah daerah siapkan dengan harga terjangkau,” kata Heru.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Jamin Harga Sembako Stabil Selama Ramadan

Kunjungan Heru ke Transmart didampingi pemilik Transmart, Chairul Tanjung.

Chairul dalam kesempatan yang sama mengatakan, Transmart bersama Pemprov DKI Jakarta bekerja sama untuk memasok daging sapi ke Jakarta dengan kualitas baik dan harga yang relatif lebih murah.

“Tadi, saya sudah mendapat komitmen dari Perumda Dharma Jaya. Semua Transmart di Jakarta akan mendapat suplai daging segar yang baik,” kata Chairul Tanjung.


 



Sumber : Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x