Kompas TV pendidikan kampus

Luncurkan Program Paramita, Universitas Terbuka Kunjungi Kompas Gramedia

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 03:05 WIB
luncurkan-program-paramita-universitas-terbuka-kunjungi-kompas-gramedia
Universitas Terbuka (UT) melakukan kerja sama dengan PT Gramedia yang meliputi KGX dan Gramedia Printing. (Sumber: Irvan Manullang/Corporate Communication Kompas Gramedia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam upaya meningkatkan kapasitasnya sebagai institusi pendidikan yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh, Universitas Terbuka (UT) melakukan kerja sama dengan PT Gramedia yang meliputi KGX dan Gramedia Printing.

KGX dan Gramedia Printing merupakan unit bisnis Kompas Gramedia yang tepercaya dalam bidang produksi dan distribusi buku-buku ke seluruh Indonesia berkaitan dengan luasnya jaringan wilayah secara nasional.

Sebagaimana diketahui UT dengan jumlah mahasiswa yang masif dan tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia menuntut kualitas pendistribusian buku yang andal, cepat, dan tepercaya.

Universitas Terbuka (UT) sangat menyadari pentingnya proses pengiriman bahan ajar cetak atau yang lebih dikenal buku materi pokok (BMP), sehingga pendistribusian bahan ajar yang tepat dan akurat bisa melancarkan proses pembelajaran mahasiswa.

Baca Juga: Kelola Sampah Organik, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun dan Eco Enzym

Senin (20/3/2023), UT mengunjungi Gramedia Printing dan KGX yang merupakan Percetakan dan Pergudangan terbesar di Indonesia yang menjadi bagian dari pilar industri manufaktur Kompas Gramedia. Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. beserta jajaran ke Gudang (warehouse) Gramedia di area Cakung, Jakarta. Kunjungan ini disambut oleh Direktur PT Gramedia Adhi Mardhiyono beserta jajaran.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di UT pada era revolusi industri 5.0 yang memerlukan perangkat jejaring luas sehingga layanan UT dapat diakses secara cepat, tepat, dan akurat oleh masing-masing mahasiswa UT di berbagai pelosok Tanah Air.

Kerja sama antara UT, Gramedia Printing, dan KGX dikokohkan dengan mengembangkan program bersama bertajuk ‘PARAMITA’ sebagai  singkatan ‘Pengiriman Bahan Ajar ke Mahasiswa Tepat dan Akurat’.

Paramita itu sendiri dalam bahasa Sanskerta artinya ‘kesempurnaan.’ Dengan demikian, program Paramita ditujukan untuk dapat memuaskan mahasiswa dalam hal penerimaan bahan ajar secara tepat waktu dan akurat ke lokasi sasaran.

Program ini merupakan terobosan baru bagi UT, Gramedia Printing, dan KGX sebagai proses bisnis yang bagus dan menguntungkan bagi kedua belah pihak dengan pelayanan prima yang diberikan oleh pihak Gramedia Printing dan KGX, diharapkan feedback dari keduanya untuk UT. Benefit yang baik dari Gramedia Printing dan KGX kepada UT karena keduanya mempunyai jaringan yang luas di seluruh Nusantara.

Gramedia Printing dan KGX pun senang bekerja sama dengan UT karena melihat tren pendidikan saat ini memang mengarah ke distance learning yang memungkinkan pengembangan inovasi-inovasi sejalan dengan perkembangan digital dewasa ini.

Untuk itu UT, Gramedia Printing, dan KGX sepakat bekerja sama dalam pengiriman bahan ajar door to door secara masif langsung ke tiap mahasiswa di berbagai pelosok Tanah Air.

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Urban Farming

Sebagaimana diketahui, saat ini, per 20 Maret 2023 data terkait program cetak kirim oleh Gramedia Printing dan KGX sudah mencapai 24.000 NIK dari total 35.000 NIM keseluruhan mahasiswa dengan cakupan 14 UPBJJ-UT, dengan area kirim mencapai 34 UPBJJ-UT.

Selain itu program cetak kirim bahan ajar tersebut dapat memfasilitasi untuk kebutuhan 5 Program Studi (Prodi) besar/terbanyak mahasiswanya (Prodi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi). Sedangkan terkait tracing pengiriman bahan ajar cetak, sudah bisa dilakukan dengan nomor billing tagihan pembayaran uang kuliah dari tiap mahasiswa.

Kunjungan UT ke Gramedia Printing dan KGX meliputi serangkaian acara, antara lain peluncuaran program PARAMITA, melihat simulasi proses pengiriman bahan ajar berupa warehouse tour, serta simulasi uji coba pengiriman BA secara massif ke 14 UPBJJ-UT dengan 5 Program Studi (Prodi) yang jumlah mahasiswanya terbanyak.

Selain itu kunjungan tersebut juga ingin melihat proses mitigasi data mahasiswa yang akan dikirim BA oleh KGX dan bagaimana KGX melakukan QC untuk pengiriman BA kepada mahasiswa dengan sistem barcode. Pada acara kunjungan tersebut, juga dilakukan ‘Pelepasan 5 Burung Merpati Putih’ yang mencerminkan 5 Prodi besar, dengan tujuan meningkatkan layanan pendistribusian bahan ajar cetak UT.

Secara umum kunjungan UT ke Gramedia Printing dan KGX ini diharapkan dapat memberikan ruang diskusi yang lebih meluas dan terbuka tentang potensi kerja sama yang dapat dilakukan kedua belah pihak mendatang. Langkah aktif ini diambil UT dalam rangka menjalin hubungan baik dan membuka diri kepada mitra-mitra UT agar proses bisnis UT berjalan dengan efektif, efisisen, akurat, dan memuaskan bagi semua stake holders khususnya mahasiswa.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.