Kompas TV nasional sosial

Ratusan Alumnus Undip Lintas Fakultas dan Angkatan Kumpul di TMII

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 02:05 WIB
ratusan-alumnus-undip-lintas-fakultas-dan-angkatan-kumpul-di-tmii
DPP IKA Undip menggelar kegiatan fun bike dan jalan sehat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (19/3/2023). (Sumber: Diponegoro Cycling Club IKA Undip)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan alumnus Universitas Diponegoro (Undip) berkumpul di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mereka melakukan kegiatan fun bike dan jalan sehat pada Minggu (19/3/2023). Kegiatan yang diinisiasi Bidang Seni, Budaya dan Olahraga, DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNDIP ini digelar sebagai upaya mewujudkan visi penguatan jejaring alumni Undip.

Ketua Umum DPP IKA UNDIP Abdul Kadir Karding menyatakan kegiatan jalan sehat dan fun bike alumnus Undip ini menjadi momentum untuk membuka ruang komunikasi antar alumni.

Diharapkan dari kegiatan ini tercapai sinergitas dan kolaborasi, terlebih acara dengan semboyan 'Bocahe Dewe' dihadiri ratusan alumnus UNDIP lintas fakultas dan angkatan.

Baca Juga: MenkopUKM Teten Masduki Ajak IKA UNDIP Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Indonesia

Selain sebagai ajang silaturahmi para alumnus Undip, acara fun bike yang digagas DPP IKA Undip juga sebagai wujud kontribusi alumni UNDIP, untuk mengedukasi, dan mengajak masyarakat supaya beralih menggunakan energi ramah lingkungan. Salah satunya dengan bersepeda.

Karding menyatakan seluruh program yang digagas DPP IKA UNDIP, sejalan dengan visi Indonesia untuk generasi penerus bangsa, yaitu Indonesia Emas 2045. 

Untuk itu sinergitas dan kolaborasi merupakan kunci keberhasilan alumni Undip dalam mengambil peran sebagai agen perubahan bagi almamater dan masyarakat Indonesia. 

"Komunitas sepeda IKA Undip memupuk kebersamaan, menggerakan hidup sehat, dan sepeda kalau dibudayakan akan mengurangi emisi carbon yang baik bagi lingkungan," ujar Karding yang juga anggota Komisi VII DPR RI ini dalam siaran pers Diponegoro Cycling Club, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: IKA Undip Ingatkan untuk Hindari Politik Identitas Jelang Pemilu 2024 dan Dorong Percepatan IKN

"Mengingat tema yang diusung yaitu kolaborasi dan sinergitas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," imbuhnya. 

Lebih lanjut Abdul Kadir Karding bersama seluruh alumnus Undip yang tergabung dalam organisasi IKA UNDIP turut mendorong pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan UMKM yang berkelanjutan. 

Ia menekankan UMKM merupakan lokomotif ekonomi rakyat yang mampu bertahan dalam berbagai dinamika kebangsaan. 

Kehadiran pelaku UMKM dalam acara fun bike dan jalan sehat alumnus Undip merepresentasikan iktikad IKA UNDIP dalam mencapai tujuan tersebut. 


 

"Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci produktivitas alumni Undip. Bersyukur acara ini ada UMKM, ini juga jadi program IKA Undip. Jadi kegiatan komunitas sebisa mungkin kita melibatkan UMKM, kita berdayakan ekonomi masyarakat," ujar politikus PKB itu.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x