Kompas TV nasional agama

Kisah Penyedia Jasa Doa dan Tahlil: Diserbu Peziarah Jelang Ramadan, Terima Bayaran Seikhlasnya

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 22:50 WIB
kisah-penyedia-jasa-doa-dan-tahlil-diserbu-peziarah-jelang-ramadan-terima-bayaran-seikhlasnya
Suasana warga berziarah jelang bulan puasa Ramadan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023). (Sumber: TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Inilah kisah penyedia jasa doa dan tahlil yang berada di kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sepenggal kisah diceritakan oleh Muhidin (43 tahun) yang memilih profesi dadakan sebagai penyedia jasa doa dan tahlil pada saat jelang ramadan tiba.

"Pada saat jelang ramadan tiba, banyak orang beramai-ramai ziarah mendatangi makam keluarga atau leluhurnya yang sudah meninggal. Mereka datang mau mendoakan di dekat pusara," ujar Muhidin.

Ketika para peziarah berdatangan ke TPU itulah Muhidin lantas mengikuti mereka dan menawarkan jasa untuk memimpin doa serta tahlil.

Jasa dari Muhidin ini akan sangat berguna terutama bagi orang-orang yang belum mampu untuk memimpin tahlil dan doa di sekitar makam secara mandiri.

Apabila para peziarah berkenan, maka Muhidin akan duduk di dekat pusara dan memimpin doa serta tahlil.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur Orang Tua untuk Memohon Ampunan Jelang Ramadan, Berikut Tata Caranya

Bagi Muhidin, jelang ramadan kali ini merupakan tahun kelima dirinya menyediakan jasa membaca doa dan tahlil.

Dia akan menetap selama beberapa hari di masjid sekitar TPU Karet Bivak saat menjelang Ramadan, kemudian kembali ke kampung halamannya..

Tetapi pria asal Pandeglang, Banten ini akan pulang ke rumahnya saat malam tarawih pertama, kemudian kembali ke TPU Karet Bivak saat hari lebaran tiba.

"Saya udah dua minggu di sini (TPU Karet Bivak, Tanah Abang), nanti pulang kampung pas malam tarawih. Ke sini lagi pas lebaran hari pertama, kan ramai lagi tuh yang ziarah," tutur Muhidin, seperti dikutip dari Tribun Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Menjelang Ramadhan TPU Ciandam Banyak Dikunjungi Peziarah

Muhidin, salah satu penyedia jasa pembaca doa saat ditemui di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023). (Sumber: TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)


Sumber : Tribun Jakarta

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.