Kompas TV regional berita daerah

Ritual Tawur Kesanga Digelar Jelang Nyepi

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 20:02 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Menjelang Hari Raya Nyepi 23 Maret, ratusan Umat Hindu di Kota Malang melakukan ritual Tawur Kesanga. Tidak seperti biasanya, upacara tawur kesanga tidak digelar di pura Dwijawarsa Buring, upacara kali ini digelar di Aun Alun Tugu Kota Malang, Selasa (21/03/2023). 

Upacara digelar tidak di dalam Pura, namun hal tersebut tidak mengurangi kekhusyukan Umat Hindu Kota Malang dalam melakukan upacara Tawur Kesanga. Tawur Kesanga merupakan salah satu rangkaian perayaan Jari Raya Nyepi. Dibanding 2 tahun sebelumnya, ada perbedaan dalam perayaan Nyepi kali ini terutama lokasi upacara.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Malang (PHDI), Putu Moda Arsana menjelaskan, upacara Tawur Kesanga ini merupakan rangakaian perayaan Nyepi, setelah sebelumnya Umat Hindu melakukan upacara Melasti di Pantai Balekambang Kabupaten Malang.

"Hari Nyepi kali ini luar biasa karena bertepatan dengan tahun saka 1945 dan rangkaian ini adalah rangakaian kedua yang pertama adalah Melasti." Kata 

Putu Moda Arsana.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika menjelaskan penempatan upacara Tawur Kesanga di Alun-Alun Tugu ini sebagai simbol titik nol Kota Malang dan Nyepi sebagai titik balik Umat Hindu.

"Kita harapkan ini bagian dari titik balik kita, ini momennya pas, Nyepi adalah upacara pembersihan kita kembali ke titik nol." Kata Made. 

Setelah Tawur Kesanga, Umat Hindu akan melakukan Catur Brata penyepian di rumah masing-masing. Dalam nyepi kali ini, umat Hindu juga mendoakan umat Muslim yang sedang menyambut Bulan Puasa Ramadan.

#tawurkesanga #nyepimalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x