Kompas TV regional berita daerah

Jurnalis Perempuan Ikuti Lomba Masak Cegah Stunting

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 17:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Semarang mengajak jajarannya baik dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, pegawai kelurahan dan kecamatan hingga kaum jurnalis perempuan untuk ikut menurunkan angka stunting dengan menjalankan semangat gerakan hidup sehat.

Gerakan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang dan kampanye mandatori halal yang digelar di kawasan Polder Tawang Semarang pada Minggu (19/03/2023).

Nampak semangat ibu-ibu dari kelurahan dan kecamatan termasuk kaum jurnalis perempuan mengikuti lomba memasak menu stunting yaitu soto dan olahan ikan serta kudapan bergizi cegah stunting.

Selain lomba memasak pada kesempatan itu juga digelar kampanye mandatori halal dengan memberi kesempatan para UMKM kuliner atau lainnya untuk mendaftarkan produknya agar mendapat sertifikat produk Halal.

“Gerakan hidup sehat untuk penanganan stunting dan penuntasan kemiskinan serta program urban farming dari hulu ke hilir ini, memberikan dampak yang luar biasa,” ucap Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang.

Meski setiap harinya disibukkan dengan mencari berita, namun naluri seorang ibu membuat semangat wartawan perempuan yang tergabung dalam jurnalis perempuan tak mau kalah dengan ibu-ibu dari kelurahan dan kecamatan. Para jurnalis perempuan ini membuktikan keahliannya dalam bidang memasak soto.

“Ini masak soto semarangan, ini menu untuk baduta dan ibu hamil untuk mencegah stunting, sesuai dengan buku resep bu Ita,” ujar Elly Amalia, wartawan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rita serorang jurnalis perempuan yang turut berpatisipasi dalam festival lomba masak untuk mencegah stunting. Selain itu, ia bersama jurnalis perempuan Jawa Tengah berkomitmen kedepannya angka stunting di Kota Semarang ini harus zero.

“Kami dari jurnalis perempuan jawa tengah ikut berpatisipasi pada festival ini, karena ini juga komitmen kami semua bahwa angka stunting harus zero di kota semarang,” kata Rita Hidayati, wartawan.

Upaya Pemerintah Kota Semarang gencar sosialisasi cegah stunting membuahkan hasil, saat ini angka stunting di Semarang turun drastis dan bahkan Pemkot menargetkan zero stunting untuk Kota Semarang. Pada kesempatan itu juga digelar lomba memancing yang diikuti masyarakat umum.
#stunting #lombamasak #hutkotasemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x