Kompas TV nasional kesehatan

Tiga Langkah Jaga Kesehatan saat Tarawih Ramadan di Masa Pandemi dari Dokter Paru

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 14:50 WIB
tiga-langkah-jaga-kesehatan-saat-tarawih-ramadan-di-masa-pandemi-dari-dokter-paru
Umat Islam melaksanakan salat tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua orang dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan setidaknya tiga langkah menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah salat tarawih di bulan Ramadan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. 

1. Pakai masker di dalam masjid

Dokter Fathiyah Isbaniah mengingatkan umat Islam untuk tetap mengenakan masker saat melakukan ibadah salat tarawih di masjid selama bulan Ramadan.

"Sebentar lagi Ramadan, ada tarawih dan (ibadah) lain, tetap kenakan masker di dalam masjid saat melakukan ibadah salat tarawih," kata dokter Fathiyah, Selasa (21/3/2023) dilansir dari Antara.

Pemakaian masker, kata dia, harus dilakukan di ruangan tertutup atau tempat-tempat yang banyak kerumunan orang.

"Kalau di area terbuka boleh (dibuka)," jelas dokter yang praktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

Senada, Sekretaris Kelompok Kerja Pengurus Pusat PDPI dr. Irawaty Djaharuddin juga menjelaskan jenis masker yang dapat digunakan masyarakat.

"Untuk aktivitas sehari-hari kita boleh memakai masker bedah, itu cukup untuk aktivitas di luar. Masker N95 dengan proteksi cukup kuat biasanya kita pakai di perawatan pasien-pasien di rumah sakit," tutur Irawaty.

Baca Juga: 7 Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa Ramadan menurut Dokter Gigi UGM

2. Lengkapi dosis vaksinasi Covid-19



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x