Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu Mopuya Gelar Upacara Melasti

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 13:41 WIB
Penulis : KompasTV Manado

BOLMONG, KOMPAS.TV- Ribuan umat Hindu dari dua desa di Kecamatan Mopuya Utara Kabupaten Bolaang Mongondow , Sulawesi Utara , mengelar upacara melasti sebagai bentuk pensucian diri menyambut Hari Raya Nyepi , yang dilaksanakan di Pura Tirta Desa Adat Mopuya . Minggu siang.

Sejak pagi hari ribuan umat Hindu dari dua desa yakni Desa Mopugad Dan Desa Mopuya Kecamatan Mopuya Utara , Sulawesi Utara, berbondong bondong mendatangi tempat air suci yang terletak di Pura Tirta Desa Adat Mopuya untuk menggelar upacara Melasti.

Mereka datang dengan membawa simbol simbol ketuhanan sesajen berisi buah buahan, jajanan kering dan uang dengan menggunakan pakaian khas Bali.

Upacara Melasti ini digelar untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu , dengan menghanyutkan kotoran menggunakan air kehidupan, yang biasanya digelar pantai atau di sumber mata air dari gunung.

Selain melakukan sembahyang, juga dilakukan pembersihan dan penyucian simbol simbol keTuhanan milik pura pralingga atau pratima ida bharata dan segala perlengkapannya.

Upacara ini berlangsung penuh khusyuk, banyaknya umat yang datang sehingga tumpa ruah dan sebagian umat lainnya terpaksa melakukan Persembahyangan Dulur Pura.

Selain menjalankan dharma agama dalam rangka menjaga keseimbangan, momentum melasti menjadi ajang untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama, juga meningkatkan kerukunan antar sesama, sebagaimana tema yang diangkat, melalui dharma negara dan dharma agama kita sukseskan demokrasi.

Usai melakukan upacara melasti, Umat Hindu langsung kembali kerumah masing masing, untuk mempersiapkan diri melaksanakan persembahyangan selanjutnya, dengan mengarak simbol ketuhanan mengelilingi desa untuk mensucikan desa.

#kompastvmanadon #nyepi #melasti

Rahman Rahim Kompas tv Bolaang Mongondow

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x