Kompas TV cerita ramadan jadwal

Agenda Kegiatan Masjid Istiqlal Selama Ramadan 2023, Buka Bersama, Tarawih hingga Iktikaf

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 13:04 WIB
agenda-kegiatan-masjid-istiqlal-selama-ramadan-2023-buka-bersama-tarawih-hingga-iktikaf
Agenda kegiatan masjid Istiqlal selama bulan Ramadan 2023. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Istiqlal, yang terletak di Jakarta Pusat mengumumkan agenda kegiatan selama Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid nasional sekaligus yang terbesar di Asia Tenggara.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga sebagai tujuan para pengunjung dari berbagai daerah untuk berwisata religi.  

Melansir laman Instagram Masjid Istiqlal, Selasa (21/3/2023), masjid yang diresmikan sejak tahun 1978 ini akan mengadakan beberapa kegiatan selama Ramadan, termasuk buka puasa bersama, tarawih, hingga iktikaf.

"Assalamu'alaikum Jamaah Masjid Istiqlal. Berikut ragam kegiatan selama Ramadhan 1444 Hijriah yang akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal."

"Semoga Allah subhanahu wata'ala lembutkan hati dan langkah kita untuk memaksimalkan diri dalam menjalani ibadah selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. Aamiin yaa rabbal 'alamin," tulis keterangan akun @masjidistiqlal.official.

Baca Juga: 6 Bacaan Doa Menyambut Ramadan 2023, Dibaca H-1 Puasa dan Saat Melihat Hilal

Jadwal Kegiatan Masjid Istiqlal Selama Ramadan 2023

1. Salat fardu berjamaah

Kegiatan salat rawatib 5 waktu yang dilaksanakan secara berjamaah dan dipimpin atau diimami oleh para imam dan muazin tetap Masjid Istiqlal.

2. zikir dan tausiah menjelang buka puasa

Dilakukan di koridor teras raksasa milik Masjid Istiqlal, dimulai saat menjelang buka puasa pukul 16.15 WIB sampai masuk waktu magrib. 

Kegiatan berisi pengulangan bacaan dan fahmil Quran tausiah atau ceramah agama dan dilanjutkan dengan panduan zikir selawat dan doa berbuka puasa.

3. Buka bersama

Kegiatan buka bersama dilakukan di koridor teras raksasa Masjid Istiqlal.

4. Tilawatil Quran

Pembacaan ayat suci Alquran sebelum salat tarawih setiap hari serta sebelum salat Jumat oleh para Qari Qoriah nasional dan internasional.

5. Tausiah dan salat menjelang tarawih

Kegiatan ceramah fauziah agama setiap malam sebelum salat tarawih dan disampaikan oleh para ulama tokoh agama dan akademisi.

6. Tarawih

Kegiatan pelaksanaan salat tarawih yang diimani oleh imam dan dipandu oleh muazin Masjid Istiqlal atau hafiz Quran nasional dan internasional yang sudah ditetapkan Istiqlal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.