Kompas TV regional berita daerah

Harga Bunga Melati dan Mawar di Pasar Pagi Kota Tegal Naik Tajam

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 09:40 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pantauan harga bunga melati dan mawar di Pasar Pagi Kota Tegal Jawa Tengah Senin pagi mencapai Rp 500 ribu rupiah per kilogram. Meski harganya mahal bunga melati dan mawar tetap laris.

 

Bunga melati dan mawar dibutuhkan warga sebagai keperluan pesta pernikahan maupun ritual keagamaan. Saat menjelang Ramadhan bunga melati dan mawar dibutuhkan sebagian besar warga untuk berziarah ke makam.

 

Menurut salah seorang pedagang Rohimah mengatakan sebelum naik harga bunga melati dan mawar berkisar Rp 100 ribu rupiah per kilogram. Harga naik karena banyak tanaman yang rusak akibat cuaca buruk dan tergenang banjir.

 

Karena menjadi kebutuhan khusus meski harganya sangat tinggi bunga melati dan mawar tetap laku dipasaran. Agar kebutuhan terpenuhi warga menyiasatinya dengan mengurangi pembelian.

 

Sejauh ini pangsa pasar bunga melati cukup menjanjikan. Pasalnya tidak semua daerah merupakan penghasil bunga melati. Selain dalam negeri bunga melati juga banyak diekspor ke luar negeri seperti Thailand dan Malaysia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x