Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sandiaga Uno: Stadion Bola Dipakai untuk Event Lain Tak Bisa Dihindari

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 07:41 WIB
sandiaga-uno-stadion-bola-dipakai-untuk-event-lain-tak-bisa-dihindari
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, penggunaan stadion bola sebagai lokasi penyelenggaraan event atau kegiatan merupakan hal yang tidak dapat dihindari.

“Tentunya penggunaan stadion bola sebagai lokasi penyelenggara event tidak dapat dihindari,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief online, Senin (20/3/2023).

Ia menyampaikan, konser musik seperti konser musisi dalam negeri Raisa, kemudian grup idol asal Korea Selatan, Blackpink yang digelar beberapa waktu lalu di stadion Gelora Bung Karno (GBK) turut memberikan efek positif bagi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Baca Juga: Menanti Inspeksi Jelang Piala Dunia U-20, GBK Harus Fokus Perbaiki Rumput sesuai Standar FIFA!

“Karena event ini sudah berskala internasional kita juga harus pastikan bahwa venue kita mampu mendorong pergerakan wisnus dan penonton konser, misalnya konser Raisa dan Blackpink ini event yang berhasil datangkan wisnus dan wisman dalam jumlah besar,” tuturnya.

Namun di sisi lain, Sandi juga menekankan jadwal penggunaan GBK perlu diperhatikan dengan seksama.

Untuk memastikan stadion yang diresmikan pada 1962 ini mampu menghadirkan acara berkelas dunia. Lantaran fungsi utama GBK adalah sarana olah raga, rekreasi, dan sosial budaya.

Baca Juga: Erick Harap Pengelola GBK Serius Gelar Piala Dunia U20

Sandiaga pun turut mendukung apabila ada pihak swasta yang berinisiatif membangun atau menciptakan lokasi baru untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan-kegiatan berskala nasional dan internasional.

Sebelumnya usai konser Blackpink beberapa waktu lalu, kondisi rumput GBK mengalami kerusakan. Rumput di stadion tersebut mengalami kebotakan dan menguning di beberapa bagian.


 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun menegaskan, tidak boleh ada lagi event-event yang digelar di stadion GBK hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Sandiaga: Turis Asing Boleh Kerja di Bali, tapi Bukan di BIdang Khusus Warga Lokal

“Ini merupakan mega lapangan di Indonesia yang sangat penting bagi kejuaraan dunia. Di sini akan ada opening dan juga hal-hal pembukaan lain. Jadi saya harus ambil posisi tidak ada event lagi di sini, apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada," ucap Erick saat meninjau lapangan stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Senin (13/3).

Piala Dunia U20 akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.