Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut Sebut Proses Negosiasi Antara Indonesia dengan Tesla Alami Kemajuan

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 06:50 WIB
luhut-sebut-proses-negosiasi-antara-indonesia-dengan-tesla-alami-kemajuan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Program Bantuan Pemerintah untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Jakarta, Senin (6/3/2023. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut negosiasi antara Indonesia dengan pabrik mobil listrik asal AS, Tesla Inc, mengalami kemajuan.

Namun karena masih terikat perjanjian kerahasiaan atau non-disclosure agreement (NDA) dengan Tesla, Luhut tidak merinci lebih jelas soalnya kemajuan itu.

“Kita masih NDA. Tapi saya katakan, kita punya kemajuan yang sangat maju,” katanya dikutip dari Antara, Minggu (20/3/23).

Ia juga mengakui selain dengan Tesla, Indonesia juga sedang melobi perusahaan asal China BYD untuk bisa berinvestasi di tanah air.

Baca Juga: Tesla Buka Kantor di Malaysia, Luhut: Kantor kan Bisa Buka di Mana Aja

Untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik, pemerintah memberikan bantuan insentif pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk motor listrik dan konversi ke motor listrik yang mulai berlaku Senin (20/3) ini.

Sebelumnya diberitakan, bantuan untuk mobil dan bus listrik akan diumumkan pada 1 April 2023.

Insentif tersebut terdiri dari Rp7 juta per unit untuk pembelian 200.000 unit sepeda motor listrik baru serta Rp7 juta per unit untuk konversi 50.000 unit sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik.

Baca Juga: Luhut Yakin Negosiasi dengan Tesla Makin Lancar Setelah Ada Insentif Kendaraan Listrik


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x