Kompas TV olahraga sepak bola

Komisi X DPR Restui Proses 3 Pemain Naturalisasi Timnas U20 Indonesia

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 16:36 WIB
komisi-x-dpr-restui-proses-3-pemain-naturalisasi-timnas-u20-indonesia
Dua calon pemain naturalisasi Timnas U20 Indonesia, Justin Hubner dan Ivar Jenner, sudah tiba di Jakarta, Minggu (23/10/2022). (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rapat Komisi X DPR RI, Senin (20/3/2023) di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Pusat, kembali menyetujui proses naturalisasi terhadap tiga pesepakbola calon pemain Timnas U20 Indonesia dan seorang pebasket. 

Proses pewarganegaraan melalui rapat Komisai DPR itu diajukan terhadap Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Ketiganya akan menjadi calon pesepakbola Timnas U20 Indonesia. Atlet lainnya, Jerome Anthony Beane, untuk Timnas Basket. 

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda yang memimpin rapat menyatakan persetujuan pewarganegaraan keempat nama tersebut. 

Baca Juga: Calon Atlet Naturalisasi, Justin Hubner Mangkir dari Rapat dengan Komisi X DPR RI

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Sdr Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Jerome Anthony Beane," kata Syaiful Huda, Senin (20/3) dikutip dari Bolasport.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung Syaiful Huda.

Persetujuan itu disepakati oleh anggota Dewan dari tujuh fraksi yang hadir. 

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy mengaku sudah menampung semua aspirasi para fraksi atas kebijakan naturalisasi ini. 

Menurutnya, naturalisasi masihlah solusi paling ujung. 

"Semua masukan dari anggota fraksi sudah kami tampung, mudahan-mudahan bisa dijadikan agenda untuk dibahas," ucap Muhadjir Effendy. "Pentingnya road map, naturalisasi kebijakan paling ujung untuk memajukan sepak bola." 

Baca Juga: 11 Program PSSI untuk Dijalankan Asprov, Apa Saja?

Rafel Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner diproyeksikan dapat membela Timnas U20 Indonesia di ajang Piala Dunia U20 2023. 

Menurut jadwal, Piala Dunia U20 2023 akan digelar di Indonesia mulai 20 Mei-11 Juni mendatang. 

Namun, khusus Justin Hubner, dirinya mendapat dilema tersendiri. Pemain muda klub Liga Inggris Wolverhampton itu mendapat panggilan Timnas U20 Belanda untuk melakoni laga uji coba kontra Prancis U20 pada 25 Maret mendatang. 

Baca Juga: Justin Hubner Calon Pemain Naturalisasi Indonesia, Dipanggil Timnas U20 Belanda

Di sisi lain, Justin Hubner juga dipanggil Timnas U20 Indonesia untuk bergabung ke pemusatan latihan (TC) mulai 20 Maret nanti. 

Dalam rapat dengan Komisi X DPR hari ini, Senin (20/3), Justin Hubner terpantau tidak hadir alias mangkir. 

Untuk di ketahui, sejumlah atlet sebelumnya telh mendapat pewarganegaraan di bidang olahraga. Mereka antara lain Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan, Diego Michiels, Tonnie Crussel dan Jhon van Beukering. Mereka memperoleh status WNI "di luar prosedur normal" era PSSI Nurdin Halid dan Djohar Arifin Husin



Sumber : Kompas TV/Bolasport

BERITA LAINNYA



Close Ads x