Kompas TV entertainment lifestyle

Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Sapardi Djoko Damono, Penyair Hujan Bulan Juni

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 06:32 WIB
google-doodle-hari-ini-peringati-ultah-sapardi-djoko-damono-penyair-hujan-bulan-juni
Google Doodle hari ini memperingati hari ulang tahun sastrawan Sapardi Djoko Damono yang ke-83, Senin (20/3/2023). (Sumber: Google)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sastrawan legendaris Indonesia Sapardi Djoko Damono ditampilkan dalam Google Doodle hari ini, Senin (20/3/2023).

Sapardi Djoko Damono dijadikan Google Doodle hari ini untuk memperingati hari kelahirannya, 20 Maret 1940.

"Doodle hari ini memperingati hari lahir Sapardi Djoko Damono, penyair yang merevolusi puisi liris di Indonesia," tulis Google dalam keterangannya.

Ia termasuk pujangga Indonesia yang banyak memberikan sumbangsih bagi kesusasteraan Tanah Air.

Salah satu puisinya yang paling fenomenal hingga masih dinikmati dari generasi ke generasi adalah kumpulan puisi "Hujan Bulan Juni" yang terbit pada 1994.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Mengenang Didi Kempot "Godfather of Broken Heart"

Profil Singkat Sapardi Djoko Damono

Sapardi lahir di Solo, Jawa Tengah. Ia menghabiskan masa kecilnya di perpustakaan membaca setiap buku yang dan mulai menulis puisi saat bersekolah di SMA Surakarta. 

Setelah mendapatkan gelar bahasa Inggris dari Universitas Gadjah Mada, Sapardi belajar sastra Indonesia di jenjang pascasarjana. 

Saat bekerja sebagai penyiar radio dan asisten teater, ia mulai menggeluti puisinya lebih serius. Hingga pada tahun 1969, Damono merilis kumpulan puisi pertamanya, "Duka-Mu Abadi". 

Pada saat sebagian besar penyair Indonesia berfokus pada refleksi dan gagasan masyarakat, debut terobosan Sapardi mencerminkan kondisi manusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x