Kompas TV nasional peristiwa

Musim Hujan Warga Ciputat Resah Ular, Hasil Berburu 2 Jam: 11 Ular, 3 di Antaranya Kobra

Kompas.tv - 19 Maret 2023, 02:07 WIB
musim-hujan-warga-ciputat-resah-ular-hasil-berburu-2-jam-11-ular-3-di-antaranya-kobra
Warga Kavling Kesehatan, Ciputat, Tangerang Selatan, berburu ular di permukimannya. Hasilnya belasan ular berhasil ditangkap. (Sumber: Credit: Mahesa Indra/Warga)

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV - Warga Kavling Kesehatan Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan, resah dengan keberadaan ular yang diduga merajalela di permukiman.

Walhasil, ketika memutuskan melakukan perburuan ular, warga berhasil menemukan 11 ekor ular dalam waktu dua jam.

Pada Sabtu (18/3/2023) malam, dibantu Rescue Dinarpets and Teams, warga yang dipimpin Ketua Komunitas Kesehatan (Komkes) Fuad Maulana, melakukan operasi penyisiran di wilayah permukiman.

Hasilnya, sedikitnya 11 ular ditemukan. Tiga di antaranya berjenis kobra, tiga ular pelangi, dan lima ekor ular hijau.

Kebanyakan ular-ular tersebut ditemukan di kebun-kebun kosong, rerumputan sekitar halaman rumah, serta di atas pohon.

Salah seorang petugas Rescue Dinarpets and Teams menuturkan, biasanya ular kobra akan menetas pada puncaknya di bulan Desember hingga Januari. Namun meski saat ini belum musim puncak, banyaknya ular yang ditemukan tak lepas dari banyaknya kebun dan lahan kosong serta alang alang liar yang tumbuh di sekitar rumah warga.

Baca Juga: Tips Mengusir Tikus dengan Peppermint agar Tidak Mengundang Ular Masuk ke Rumah saat Musim Hujan

Kompleks perumahan yang dikenal asri di kawasan Ciputat ini, dulunya merupakan kebun milik pegawai Kementerian Kesehatan.  

Ketua Komkes Fuad Maulana menjanjikan, upaya pencarian ular akan rutin digelar meskipun biaya menyewa pawang ular relatif mahal.

“Ini demi untuk kenyamanan dan keamanan warga. Apalagi kebanyakan penghuni komplek kebanyakan pekerja dan sementara banyak anak kecil.”

Lebih jauh penyuka reptil ini meminta warga aktif menjaga kebersihan komplek sekaligus waspada dan hati-hati terhadap kemungkinan serangan ular menyusul banyaknya ular yang ditemukan malam ini.

Musim Hujan, Waspadai Ular Masuk Rumah



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.