Kompas TV nasional news or hoax

Ribut Soal Dokter, Kembalikan Ijin Praktik ke Kemenkes | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 20:58 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Hampir 2 juta warga Indonesia saat ini masih berobat ke luar negeri. Akibatnya, potensi devisa sebesar 165 triliun Rupiah pun hilang ke berbagai negara.

Presiden RI, Joko Widodo menyebut, Malaysia dan Singapura masih menjadi negara tujuan pengobatan terbanyak dari Indonesia. Melalui akun Twitternya, presiden Jokowi pun menulis terkait jumlah WNI yang memutuskan berobat ke luar negeri.

Cuitan tersebut menuai berbagai komentar. Presiden pun mengimbau Menteri Kesehatan, Budi Gunardi untuk dapat menambah jumlah dokter spesialis dan subspesialis yang masih kurang di Indonesia serta meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan yang sesuai kebutuhan pasien.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan, Budi Gunardi mengaku malu saat mendengar pasien Indonesia lebih memilih untuk berobat ke Malaysia.

Menkes pun lantas menargetkan kemenkes mampu memproduksi atau mendatangkan alat diagnostik kesehatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Mendapatkan akses layanan kesehatan adalah hak semua warga negara. Berobat di dalam atau di luar negeri adalah pilihan setiap orang. Namun, pemerintah harus dapat menyediakan fasilitas layanan kesehatan yang baik dan memberikan kenyamanan layanan kesehatan bagi seluruh Warga Negara Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x