Kompas TV nasional 60 menit special report

Penipuan Berkedok Cinta | 60" SPECIAL REPORT

Kompas.tv - 19 Maret 2023, 19:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Fenomena penipuan bermodus asmara merebak di media sosial. love scam atau penipuan berkedok cinta, kini banyak ditemukan di media sosial.

Modus kenalan hingga menceritakan kisah pilu hidupnya menjadi trik pelaku menjalankan tipuannya untuk meraup harta korban. Bermodal foto tampan hingga profil mapan, korban termakan janji manis penipu hingga rela berutang ratusan juta rupiah demi memenuhi permintaan penipu cinta.

Belum ada payung hukum yang khusus mengatur kasus penipuan berlatar belakang asmara jadi tantangan tersendiri bagi pihak kepolisian, apalagi jika pelaku berada di luar negeri.

Keengganan korban untuk melapor kasus penipuan berkedok asmara menjadi tantangan polisi untuk mengusut kasus yang cukup menelan banyak korban dengan kerugian hingga miliaran rupiah. Apalagi tak jarang si pelaku berada di luar wilayah yuridis kepolisian RI. pelaku pun hanya bisa dijerat kuhp pasal penipuan dan UU ITE.

Mengapa korban bisa terjebak dan apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari tipu daya pelaku? Berikut penelusuran jurnalis KompasTV Wella Andany dalam 60’ SPECIAL REPORT.

Saksikan juga program on air 60’SPECIAL REPORT setiap Minggu pukul 18.00 wib di KompasTV!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x