Kompas TV nasional peristiwa

Kemenkes Tanggapi Video Viral 3 Nakes Bikin Konten Beda-bedakan Pasien Umum dan BPJS

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 15:10 WIB
kemenkes-tanggapi-video-viral-3-nakes-bikin-konten-beda-bedakan-pasien-umum-dan-bpjs
Tangkapan layar konten video yang viral tentang tiga tenaga kesehatan membeda-bedakan pelayanan terhadap pasien BPJS dan pasien umum. (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buka suara tentang video viral tiga tenaga kesehatan (nakes) yang membeda-bedakan pelayanan terhadap pasien umum dan pasien BPJS Kesehatan.

Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengaku pihaknya belum mengetahui apakah ketiga orang yang viral tersebut merupakan nakes atau bukan.

"Kita belum tahu ya ini betul nakes atau tempat faskes di mana dia bekerja," kata Nadia dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/3/2023).

Meski demikian, Nadia mengingatkan, tenaga kesehatan agar memperhatikan aspek kepantasan dalam menggunakan media sosial.

"Dalam bermedsos harus mempertimbangkan aspek kepantasan, kewajaran, tidak SARA ataupun menyinggung pihak lain," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jawa Timur Kirim Tenaga Kesehatan Untuk Pengungsi Gunung Semeru

Terpisah, tiga nakes yang ada dalam video tersebut telah meminta maaf pada Kemenkes, BPJS Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan organisasi perawat, bidan, serta masyarakat yang kecewa dengan adanya video tersebut. 

“Assallammualaikum.wr.wb. Kami staf uptd puskesmas lambunu 2 memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan atas video kami.Saya pribadi memohon maaf sebesar-besarnya,” demikian tertulis dalam video yang diunggah akun Tiktok @rintobelike2.

Mereka juga menyebut bahwa sebenarnya pelayanan di Puskesmas Lambunu 2 tidak membeda-bedakan antara pasien umum dan BPJS.

Tampak dalam video, lokasi berada di Puskesmas Lambunu 2, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, unggahan video tiga orang tenaga kesehatan (nakes) yang membedakan melayani pasien BPJS Kesehatan dan pasien umum, viral di media sosial TikTok hingga Twitter.

Unggahan tersebut menjadi ramai, karena dinilai merendahkan pasien BPJS dengan memberikan pelayanan yang tidak profesional dan ogah-ogahan. 

Baca Juga: Dinkes Soroti Polemik Jasa Covid Nakes Tak Dibayar

Salah satu akun yang mengunggah ulang konten yang memparodikan pelayanan nakes ke pasien BPJS ini salah satunya diunggah oleh akun Twitter @tanyakanrl.

"Sakit hati banget pagi2," tulis akun tersebut sembari memperlihatkan tangkapan layar video TikTok akun @rintobelike2 bertuliskan narasi: "Ketika pasien BPJS masuk".


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x