Kompas TV regional berita daerah

Sertifikasi LSP Astekindo Digelar di Kabupaten Melawi, Peserta Antusias Ikuti Kegiatan

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 08:47 WIB
sertifikasi-lsp-astekindo-digelar-di-kabupaten-melawi-peserta-antusias-ikuti-kegiatan
Sertifikasi LSP Astekindo di Melawi (Sumber: Foto: Venny DS)
Penulis : KompasTV Pontianak

MELAWI, KOMPAS.TV - LSP Astekindo di bawah naungan P3SM melaksanakan uji kompetensi secara digital di aula kantor Bupati Melawi pada 11 hingga 12 Maret 2023 dan diikuti oleh sekitar 90 peserta. Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan bidang pertanahan dan pembinaan jasa konstruksi Budianto, ST. Budianto menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan sertifikasi di Kabupaten Melawi, karena berdampak positif bagi masyarakat jasa konstruksi.

Baca Juga: TUK P3SM di Singkawang, Mudahkan Dapat SKK Konstruksi bagi Kontraktor & Konsultan

Dalam kesempatan itu, Erwinsyah selaku ketua perwakilan P3SM Kalbar turut memberikan dukungan, dan memastikan P3SM akan selalu mendukung serta memberikan kontribusi pada para mitra P3SM, termasuk di Kabupaten Melawi, dan Kabupaten-Kota lain di Kalimantan Barat.

"Dalam berkarya, berinovasi dan berkolaborasi untuk mewujudkan sesuatu yang baik demi menjalankan regulasi pemerintah agar bangsa Indonesia yang besar mempunyai tenaga terampil dan tenaga ahli profesional yang berdampak pada jasa konstruksi bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional," Ucap Erwinsyah.

Sertifikasi LSP Astekindo di Melawi (Sumber: Foto: Venny DS)

Koordinator P3SM Kabupaten Melawi, Flavianus Venny menyampaikan, selama dua hari digelar, sertifikasi disambut baik oleh para peserta. Tidak hanya dari Melawi, peserta sertifikasi juga datang dari kabupaten lain. Mereka bersemangat menanyakan sejumlah hal yang ingin mereka ketahui. Antusiasme tersebut, tampak di sesi uji dan pelatihan. 

Flavianus memastikan, persiapan sertifikasi sudah dilakukan semaksimal mungkin, agar kegiatan berjalan lancar. "Intinya, semua harus dikomunikasikan dengan baik pada kantor P3SM Kalbar sesuai rencana," Ujar Flavianus Venny DS.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing Kerja, LSP Astekindo Kalbar Gelar Pelatihan dan Asesmen Calon Asesor

Salah satu peserta sertifikasi asal Kabupaten Sintang, Yohanes, menyatakan kegiatan yang digelar sangat berdampak positif dan cukup berkesan padanya. "Saya senang, kegiatan TUK ini bisa diselenggarakan di Kabupaten Melawi. Ini merupakan yang pertama, tapi berkesan," Ucap Yohanes.

Meski banyak mendapat pujian dan apresiasi, kegiatan turut mendapat kritikan dari asesor. " Kurangnya hanya pada luasnya informasi diklat P3SM di wilayah mereka dari para panitia," papar Nanda, Asesor dari Melawi. 

Hal senada juga sempat disampaikan oleh sejumlah peserta yang menyayangkan kegiatan kurang dipublikasi dan sosialisasi sehingga tidak semua masyarakat bisa berkesempatan ikut serta. "Sedikit kurang sosialisasi, karena hanya sedikit dari kami yang mendapat informasi kegiatan ini," ucap salah seorang peserta.

Baca Juga: Asesmen/Sertifikasi Perdana TUK Sewaktu P3SM di Kabupaten Ketapang

Masyarakat setempat bahkan meminta ada sertifikasi gelombang kedua, sehingga pihak panitia memutuskan akan menggelar gelombang kedua di Melawi pada 18-19 Maret 2023. Di gelombang kedua ini sebanyak 60 peserta akan mengikuti sertifikasi.

Sertifikasi LSP Astekindo di Melawi (Sumber: Foto: P3SM Melawi)

Terlepas dari berbagai kritikan dan masukan yang diberikan, para peserta tetap mengapresiasi uji TUK di Melawi, termasuk ketua perwakilan P3SM Kalbar, Erwinsyah. Ia mengaku bangga karena kegiatan bisa berlangsung lancar dan sukses. Erwinsyah juga berharap, giat gelombang kedua bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.