Kompas TV internasional kompas dunia

Dokter Junior di Inggris Mogok Kerja, Lebih dari 175.000 Pasien Terlantar Pekan Ini

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 07:27 WIB
dokter-junior-di-inggris-mogok-kerja-lebih-dari-175-000-pasien-terlantar-pekan-ini
Ilustrasi dokter (Sumber: ipopba)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Lebih dari 175.000 pasien terlantar setelah dokter junior di Inggris melakukan mogok kerja.

Puluhan ribu petugas medis ambil bagian dalam aksi mogok kerja 72 jam yang dimulai Senin (13/3/2023) lalu, dengan lebih banyak dokter senior diminta untuk mengisi tempat mereka.

Sengketa gaji para dokter junior menjadi penyebab mereka melakukan mogok kerja.

Perawatan darurat diberikan oleh konsultan, tetapi banyak perawatan yang direncanakan dan tak mendesak dijadwalkan ulang.

Baca Juga: Alasan Mengejutkan China Jadi Perantara Perdamaian Arab Saudi dan Iran: Karena AS Tak Jujur

“Terlepas dari upaya besar yang dilakukan staf NHS untuk menjaga keamanan pasien dan meminimalkan gangguan, pemogokan ini berada pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Direktur Medis NHS Inggris, Prof. Sir Stephen Powis dikutip dari BBC, Sabtu (18/3).

“Selain itu, juga memiliki dampak yang lebih besar daripada semua semua tindakan industri lainnya yang telah kita lihat sejauh ini pada gabungan musim dingin ini,” tambahnya.

Powis menambahkan lebih dari 175.000 perjanjian dan prosedur perawatan dijadwalkan ulang untuk melindungi pasien kritis dagawat darurat, yang pasti akan berdampak pada upaya mengatasi backlog Covid-19.

Ia juga mengatakan beberapa janji temu dan prosedur yang tertinda akan mencakup operasi pinggul dan lutut, serta pemeriksaan rutin untuk pasien dengan kondisi diabetes, bahkan kanker.

Perawat, pekerja ambulans dan fisioterapis sebelumnya juga melakukan mogok kerja di musim dingin ini.

Namun, mereka kini menghentikan aksinya sementara memikirkan tawaran bayaran dari pemerintah.

Baca Juga: Bantuan Jet Tempur ke Ukraina Mulai Terjadi, Rusia Mengancam akan Menghancurkannya

Pemimpin dokter dan kementerian telah didesak untuk memulai pembicaraan gaji formal setelah terobosan kesepakatan dengan staf NHS lainnya di Inggris.

“Kami menyesali lebih dari 175.000 perjanjian dan prodesur perawatan dibatalkan pekan ini, meski tawaran kami untuk memulai pembicaraan formal dengan syarat pemogokan dihentikan,” bunyi pernyataan Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial.

Sengketa gaji dokter junior masih jauh dari penyelesaian dengan Asosiasi Medis Inggris (BMA) menyerukan kenaikan gaji 35 persen, yang menurutnya akan membalikkan pemotogangan 15 tahun.

Dokter junior mewakili hamper setengah dari tenaga medis di Inggris, termasuk mereka yang baru saja lulus dari universitas hingga beberapa dengan pengalaman 10 tahun.


 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x