Kompas TV regional sosial

Gibran Resmikan Jamban Sehat Keluarga hasil Kerja Sama YDKK dan Kelompok Swadaya Masyarakat

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 03:15 WIB
gibran-resmikan-jamban-sehat-keluarga-hasil-kerja-sama-ydkk-dan-kelompok-swadaya-masyarakat
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau jamban sehat hasil kerja sama Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mojo Waras di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (Sumber: Dok. YDKK)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Surakarta menyambut baik kerja sama penyediaan jamban sehat keluarga dan program perbaikan sanitasi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. 

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menilai penyediaan jamban sehat keluarga dan program perbaikan sanitasi menjadi salah satu tindakan yang mesti dilakukan dalam penataan kawasan kumuh di wilayahnya. 

Menurutnya kerja sama dengan kalangan swasta juga sangat terbuka guna mempercepat langkah perbaikan hajat hidup masyarakat.

"Kami sangat concern dengan pengurangan kawasan kumuh terutama di Kelurahan Semanggi, Kelurahan Mojo, dan sekitarnya," ujar Gibran yang meninjau jamban sehat keluarga hasil kerja sama antara Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mojo Waras, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Dukung Sanitasi Sehat, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Sumbangkan Lebih dari 1.000 Jamban
 
"Kami akan selalu bekerja sama dengan pusat, swasta, dan lain-lain. Jadi kami tidak sendirian. Makanya, pengurangan kawasan kumuh di kota ini berlangsung cepat," sambungnya.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Solo Gibran berkunjung ke rumah Ibu Wulan, salah satu penerima manfaat program jamban sehat keluarga di di RT 09 RW 02, Kelurahan Mojo.

Peresmian jamban sehat keluarga sendiri dilakukan oleh Camat Pasar Kliwon Ahmad Khoironi.

Hadir dalam acara itu antara lain Lurah Mojo Nurrochman, Ketua YDKK Gesit Ariyanto, Ketua KSM Mojo Jumadi, Regional Manager USAID IUWASH Tangguh Jawa Tengah Jeffry Budiman.

Baca Juga: Dana Kemanusiaan Kompas Bangun Sanitasi

Program Jamban Sehat Keluarga merupakan hasil kerja sama antara YDKK dan KSM Mojo Waras yang didukung oleh USAID IUWASH Tangguh dan jajaran pemerintahan Kota Surakarta. 

Program Jamban Sehat Keluarga di Mojo dilakukan di RT 001 RW 03 dan RT 009/RW 02. 

Program tersebut meliputi 15 set jamban sehat individu, 9 sambungan rumah (SR) ke sistem IPAL Kota Surakarta, 4 unit Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik.

Kemudian dua unit rumah jamban bagi masyarakat berpenghasilan rendah di RT 001 RW 03 dan RT 009/RW 02, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Baca Juga: YDKK Kembali Salurkan Logistik Dapur Umum untuk Bantu Korban Gempa Cianjur yang Dikelola Kemensos

Program ini memberikan manfaat kepada 45 keluarga kurang sejahtera yang meliputi sekitar 106 jiwa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.