Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tiru Polandia, Slovakia Sedekahkan Jet Tempur Tua ke Ukraina yang Tetap Minta F16 untuk Hadapi Rusia

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 02:35 WIB
tiru-polandia-slovakia-sedekahkan-jet-tempur-tua-ke-ukraina-yang-tetap-minta-f16-untuk-hadapi-rusia
MiG-29. Slovakia hari Jumat, (17/3/2023) mengumumkan akan menyedekahkan 13 pesawat tempur MiG-29 kepada Ukraina, menjadikannya anggota NATO kedua setelah Polandia yang menyumbangkan jet tempur pada Ukraina. (Sumber: AP Photo/Petr David Josek,File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BRATISLAVA, KOMPAS.TV - Slovakia mengumumkan akan menyedekahkan 13 pesawat tempur MiG-29 kepada Ukraina, Jumat (17/3/2023).

Ini menjadikan Slovakia sebagai anggota NATO kedua setelah Polandia yang menjanjikan pesawat tempur ke Ukraina. Janji itu dilontarkan kedua negara, kendati Kremlin mengancam akan menghancurkan pesawat-pesawat tersebut.

"Kami akan menyerahkan 13 pesawat jet MiG-29 kami kepada Ukraina," kata Perdana Menteri Slovakia, Eduard Heger, kepada wartawan, dan menambahkan Bratislava juga akan memberikan sistem pertahanan udara Kub kepada Ukraina.

"Kami memberikan MiG ini kepada Ukraina agar dapat melindungi warga sipil dari banyaknya bom yang jatuh di rumah mereka dan menjadi alasan mengapa orang-orang meninggal di Ukraina," kata Heger.

Polandia pada Kamis mengatakan mereka akan mengirimkan empat pesawat MiG-29 buatan Soviet ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang.

Ukraina telah lama meminta bantuan pesawat tempur dari sekutu Barat, meskipun mencari terutama F-16 buatan AS yang lebih modern.

"Langkah-langkah kami sepenuhnya terkoordinasi dengan Polandia dan Ukraina," kata Heger, dan menambahkan pemerintahnya "berdiri di sisi yang benar dalam sejarah".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Slovakia pada hari Jumat atas "paketan kekuatan senjata udara dan pertahanan udara, termasuk pesawat MiG."

Ukraina baru-baru ini menolak mengonfirmasi jumlah pesawat MiG-29 yang mereka miliki. Namun, menurut laporan World Air Forces 2023 oleh Flight Global yang dirilis pada akhir tahun lalu, negara tersebut mengoperasikan 43 pesawat tersebut.

Baca Juga: Polandia Bakal Kirim Jet Tempur ke Ukraina, NATO Diyakini Terbelah

Slovakia hari Jumat, (17/3/2023) mengumumkan akan menyedekahkan 13 pesawat tempur MiG-29 kepada Ukraina, menjadinya anggota NATO kedua setelah Polandia. (Sumber: Chris Lofting / Wikimedia)

Kremlin pada hari Jumat mengatakan pesawat tempur yang diberikan kepada Ukraina oleh Polandia dan Slovakia akan dihancurkan.

"Pengadaan peralatan militer ini - seperti yang kita katakan berkali-kali - tidak akan mengubah hasil dari operasi militer khusus... Tentu saja, semua peralatan ini akan dihancurkan," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan, menggunakan istilah resmi intervensi militer Moskow.

Heger mengatakan Slovakia akan menerima kompensasi untuk donasi tersebut dari European Peace Facility, dana Ukraina UE.

Menteri Pertahanan Slovakia, Jaroslav Nad, juga menyebutkan penawaran AS atas sistem militer senilai sekitar US$700 juta (S$900 juta), tanpa memberikan detail.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x