Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Internal Jerman Terbelah soal Kirim Jet Tempur ke Ukraina: Tidak Cocok dan Suku Cadang Sulit

Kompas.tv - 18 Maret 2023, 02:05 WIB
internal-jerman-terbelah-soal-kirim-jet-tempur-ke-ukraina-tidak-cocok-dan-suku-cadang-sulit
Eurofighter Jerman. Internal Jerman terpecah soal pengiriman jet tempur ke Ukraina, menganggap tidak cocok untuk Ukraina. (Sumber: Strait Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Anggota partai "Hijau" dan Partai Demokrat Bebas Jerman (FDP) menganggap tidak mungkin untuk mengirimkan jet tempur Jerman ke Kiev. Tetapi, mereka melihat bentuk dukungan lain.

"Mesin dari Jerman, Eurofighter dan Tornado, tidak cocok," kata anggota partai pemerintah "Hijau" dan Ketua Komite Politik Eropa Bundestag Anton Hofreiter dalam sebuah wawancara dengan kelompok media Jerman Funke seperti dilaporkan RIA Novosti, Jumat, (17/3/2023).

Dalam ekspor kembali ke negara ketiga, jet tempur yang diperoleh dari persediaan bekas Republik Demokratik Jerman memerlukan izin dari Berlin, kata seorang anggota parlemen.

"Jerman tidak boleh menghalangi pengiriman jet tempur Polandia dan Ceko, jika izin dari Jerman diperlukan," kata anggota parlemen Jerman. 

Pendapat yang sama juga dipegang oleh pakar pertahanan dari fraksi parlemen FDP, Markus Faber, yang menyoroti kesulitan dalam pemeliharaan model jet tempur ini, di mana tidak ada banyak suku cadang. Alih-alih itu, ia memanggil untuk memulai pelatihan pilot Ukraina di Jerman.

Baca Juga: Polandia Bakal Kirim Jet Tempur ke Ukraina, NATO Diyakini Terbelah

MIG-29 Ukraina yang sudah sangat tua, ada sebelum Ukraina merdeka. Internal Jerman terpecah soal pengiriman jet tempur ke Ukraina, menganggap tidak cocok untuk Ukraina. (Sumber: Ukraina Pravda)

"Dalam kasus perselisihan pengiriman tank yang berlarut-larut, kami melihat bahwa kurangnya persiapan menjadi faktor yang memperlambat dalam perang ini. Pelatihan dengan jet tempur membutuhkan lebih banyak waktu," kata Faber.

Seperti yang diumumkan oleh juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert hari ini, Berlin tidak menerima permintaan dari Polandia dan Slovakia untuk menyetujui ekspor jet tempur bekas milik Jerman.

Moskow musim semi lalu mengirimkan nota ke negara-negara NATO karena pengiriman senjata ke Kiev. Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mencatat bahwa setiap kargo yang mengandung teknologi militer untuk Ukraina akan menjadi target sah bagi tentara Rusia.

Menurutnya, Amerika Serikat dan aliansi secara langsung terlibat dalam konflik - tidak hanya dalam penyerahan senjata, tetapi juga dalam pelatihan personel di Inggris, Jerman, Italia, dan negara lainnya.


 

 



Sumber : Kompas TV/RIA Novosti

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.