Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei LSI Denny JA: Hanya PKB dan PKS Parpol Islam yang Lolos ke Senayan di Pemilu 2024

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 19:28 WIB
survei-lsi-denny-ja-hanya-pkb-dan-pks-parpol-islam-yang-lolos-ke-senayan-di-pemilu-2024
Ilustrasi.  (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Lembaga survei, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, mengumumkan hasil survei terbarunya terkait partai politik (parpol) Islam yang lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen sebesar empat persen, pada Pemilu 2024. 

Hasil survei menunjukkan hanya dua parpol Islam yang diprediksi lolos ke Senayan pada Pemilu 2024, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Baca Juga: PPATK Berencana Bentuk Tim Kolaboratif untuk Antisipasi Dana Ilegal di Pemilu

"PKB dengan elektabilitas 8 persen dan PKS 4,9 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Ade Mulyana, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (17/3/2023). 

Ia menjelaskan, partai yang disebut berbasis Islam total ada tujuh yaitu PKB, PKS, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat (Gelora) dan Partai Ummat. 

Sementara itu, yang dipersepsikan partai terbuka atau nasionalis yaitu PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Persatuan Indonesian Raya (Perindo), PSI, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN).

Ade mengatakan, untuk melihat dukungan suara yang diberikan responden, pihaknya membagi partai berbasis Islam dan partai nasionalis dalam empat segmen.  

Segmen pertama, partai papan atas atau partai yang memiliki dukungan di atas 10 persen. Hanya ada tiga partai yang masuk dalam segmen partai papan atas ini yakni PDIP dengan elektabilitas 22,7 persen. 

Lalu, Golkar 13,8 persen dan Gerindra dengan elektabilitas 11,2 persen.

Baca Juga: PDIP Sindir Gerindra soal Prabowo: Kalau Pengalaman Jadi Capres, Ya Sukses di Pemilu

"Dari kategori papan atas ini, ketiga partai ini adalah partai terbuka atau nasionalis. Jadi, tidak ada partai berbasis Islam yang dapat dukungan di atas 10 persen," ujarnya.

Kemudian segmen partai papan tengah atau partai dengan dukungan 4-10 persen. Ada dua parpol berbasis Islam yang masuk segmen papan tengah dan dua lainnya adalah partai nasionalis. 

"PKB dengan elektabilitas 8 persen dan PKS 4,9 persen. Sedangkan partai nasionalis ada Demokrat 5 persen dukungannya dan NasDem dengan 4,4 persen. Jadi, empat partai yang masuk kategori papan tengah," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x