Kompas TV regional berita daerah

Bank Indonesia Antisipasi Lonjakan Inflasi di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Dari catatan Bank Indonesia Perwakilan Aceh, tingkat konsumsi masyarakat pada saat Ramadhan dan lebaran selalu meningkat dan berpotensi terjadi lonjakan inflasi. Antisipasi yang di lakukan oleh Bank Indonesia dan tim pengendalian inflasi daerah dengan menjaga kenaikan harga barang dan komoditi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Pengendalian harga barang dan komoditi harus dimulai dari sisi produksi hingga ke pasar. Harganya dikawal agar tidak melebihi ketentuan. Selain itu, upaya lain seperti operasi pasar, pasar murah, sidak pasar dan himbauan himbuan terkait bijak dalam berbelanja, menjadi strategi dalam menahan laju inflasi di Aceh.

Inflasi Aceh tahun ke tahun saat ini berada pada angka 6,71 persen, masih di atas rata-rata Nasional. Untuk itu pihaknya dan tim percepatan pengendalian inflasi terus bekerja keras untuk menjaga laju inflasi di Aceh terutama pada saat puasa dan lebaran dan hingga akhir tahun nanti, inflasi diharapkan bisa terkoreksi menjadi lebih baik hingga 4 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x