Kompas TV nasional gaya hidup

Hedone, Sang Dewi Kenikmatan dan Kegembiraan yang Kini Dikaitkan Gaya Hidup Mewah Pejabat

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 12:00 WIB
hedone-sang-dewi-kenikmatan-dan-kegembiraan-yang-kini-dikaitkan-gaya-hidup-mewah-pejabat
Gambaran kehidupan dalam mitologi Yunani (Sumber: National Geographic -)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kata "hedon" dan "hedonisme" kini mencuat untuk menggambarkan gaya hidup mewah, terutama para pejabat.

Gaya hidup yang menjadi keprihatinan banyak orang itu, kemudian disentil oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Bahkan Polri memastikan telah mengeluarkan aturan mengenai pelarangan bagi seluruh anggotanya untuk tidak hidup dengan bermewah-mewahan.

Apalagi, kemewahan tersebut dipamerkan di media sosial (medsos).

“Kita juga mengingatkan kepada anggota dan keluarganya yang melakukan atau melanggar intruksi tersebut akan diberikan sanksi,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan, Kamis (16/3/2023).

Di jajaran Kemenkumham pun ada ajakan untuk menjauh sifat hedon, seperti disampaikan  Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian, Pamuji Raharja menjadi pembina apel pada Senin (13/3) lalu. Dalam acara tersebut ada ajakan hindari perilaku hedonisme dan memamerkan kekayaan di media sosial. 

Baca Juga: Sri Mulyani: Kalau Saya Tidak Pamer Harta Bukan Berarti Pencitraan, Itu Jalan Hidup Bendahara Negara

Dilihat dari asal-usul kata, mengutip National Geographic, Hedone adalah nama seorang dewi dalam mitologi Yunani yaitu dewi kesenangan, kenikmatan dan kegembiraan. ia adalah adalah satu-satunya putri Eros, dewa cinta, dan istrinya Psyche.

Hedone, personifikasi kesenangan sering diidentikkan dengan Aphrodite, yang di sebagian besar versi silsilah keluarga Olympian adalah neneknya.

Ibu dari Eros adalah dewi kecantikan. Aphrodite juga sering disebut sebagai dewi kesenangan.

Meski banyak penulis Yunani memastikan untuk mengklarifikasi bahwa mereka adalah dua makhluk yang terpisah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x