Kompas TV regional berita daerah

BMKG dan Pemkab Jember Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi di Pesisir Selatan

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 21:05 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur bersinergi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar sekolah lapang gempa bumi di kawasan pesisir pantai selatan Jember, Kamis (16/3/2023).

Sekolah lapang bencana gempa bumi digelar di aula pelabuhan perikanan nusantara kawasan pesisir pantai selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Kegiatan itu diikuti kurang lebih 150 peserta dari unsur masyarakat kawasan pantai, relawan, TNI, Polri dan organisasi kepemudaan. Kegiatan ini sebagai bentuk edukasi dan penanganan bencana gempa bumi, khususnya di pesisir pantai dan umumnya di Jember.

Diketahui, kawasan pesisir pantai selatan rawan terhadap ancaman gempa bumi megathrust dengan kekuatan 8,7 magnitudo. Potensi megathrust itu merupakan bentuk ancaman bagi masyarakat.

Baca Juga: Apel Kesiapsiagaan Bencana di Pesisir Selatan Jember, 6 Kecamatan Rawan Terdampak Tsunami

Bupati Jember, Hendy Siswanto berharap sekolah lapang gempa bumi dapat menjadikan warga semakin mandiri dalam penangangan bencana gempa bumi, baik mulai dari langkah antisipasi hingga penanganan pasca gempa bumi maupun tsunami.

Dengan eduksi terus menerus diharapkan dapat mencegah terjadinya korban di saat gempa bumi dan tsunami terjadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, menurutnya sekolah lapang gempa bumi dapat menumbuhkan tingkat kewaspadaan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Oleh karenanya kegiatan ini menjadi edukasi yang sangat penting bagi warga khususnya masyarakat pesisir pantai selatan.

Baca Juga: BMKG Verifikasi Daerah Rawan Gempa dan Tsunami di Pesisir Lumajang

Salah satu peserta sekolah lapang gempa bumi, Eko Subekti mengaku senang dengan kegiatan ini karena dapat menambah wawasan terkait kebencanaan, khususnya bencana gempa bumi dan tsunami.

Di Jember sendiri terdapat 24 titik rawan bencana, mulai dari rawan gempa bumi, tsunami, banjir bandang hingga angin kencang.

 

#gempabumi #tsunami #pesisirselatan #jember #pemkabjember #BMKG



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x