Kompas TV nasional rumah pemilu

Bila Prabowo Pilih Ganjar di Pilpres 2024, Cak Imin: Koalisi Bubar

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 21:07 WIB
bila-prabowo-pilih-ganjar-di-pilpres-2024-cak-imin-koalisi-bubar
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) dan Prabowo Subianto (kiri) dalam Panen Raya Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas partainya dengan Gerindra akan bubar bila Prabowo Subianto memilih Ganjar Pranowo untuk mendampinginya di Pilpres 2024. 

"Ya berarti koalisinya bubar dong," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Cak Imin menjelaskan, hingga saat ini, internal Gerindra dan PKB belum membicarakan soal capres dan cawapres.

Namun, ia memastikan bila hingga kini Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya masih solid. 

"Sampai hari ini (koalisi Gerindra-PKB) solid. Tidak ada (nama Ganjar Pranowo), bahkan usulan pasangan baru alternatif belum muncul dalam rapat kita dengan Gerindra," ujarnya.

Baca Juga: PDIP Sindir Gerindra soal Prabowo: Kalau Pengalaman Jadi Capres, Ya Sukses di Pemilu

Wakil ketua DPR RI itu menyebut, pada saatnya nanti Gerindra dan PKB akan mengumumkan nama capres dan cawapres yang diusung di pesta demokrasi nanti.

"Yaitu pada saatnya kita umumkan. Sambil menunggu yang saya sampaikan, PKB-Gerindra menunggu konstelasi pasangan lainnya. Hari ini belum ada yang muncul, katanya Anies. Anies juga belom tahu sama siapa? Apa jadi maju?" kata Cak Imin. 

Sebelumnnya, peneliti Center For Strategic And International Studies (CSIS), Arya Fernandes menilai duet Prabowo dan Ganjar pada Pilpres 2024, sangat mungkin terjadi.

Jika terwujud, kata Arya, duet Prabowo-Ganjar berpotensi menang apalagi jika nanti lawannya hanya Anies Baswedan dan pasangannya. 

Ia menyebut, meski potensi itu ada, namun pihak PDI Perjuangan (PDIP) dan Gerindra bakal menemui jalan buntu terkait penentuan capres.

Apakah nanti Ganjar sebagai kader partai pemenang pemilu yang jadi capres, atau Prabowo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x