Kompas TV regional berita daerah

Kapolda Jateng Kunjungi Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 17:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI,KOMPAS.TV - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Achmad Luthfi mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Merapi di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah pada Kamis (16/03/2023) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Jawa Tengah mengatakan secara umum kondisi di 3 desa terdampak yakni Desa Jerakah, Desa Klakah, dan Desa Tlogolele, terpantau kondusif. 

Untuk saat ini yang menjadi atensi agat dapat membantu warga terdampak yakni terkait permasalahan pakan untuk hewan ternak dan lahan pertanian yang diselimuti abu vulkanik.

Lebih lanjut Irjen Pol Achmad Luthfi mengatakan sejak erupsi Gunung Merapi pada Sabtu (11/03/2023) pekan lalu, pihaknya sudah menggelar Operasi Aman Nusa. Dirinya menyebutkan sepertiga kekuatan Polda Jawa Tengah sudah diterjunkan di 5 Polres yang terdampak hujan abu vulkanik.

Operasi Aman Nusa tersebut untuk membantu berbagai kebutuhan masyarakat seperti pos pelayanan kesehatan, bakti sosial, hingga penyemprotan air untuk menghilangkan abu vulkanik merapi.

Kemudian terkait permasalahan pakan ternak, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dilakukan pengedropan pakan. Kemudian untuk lahan pertanian yang masih diselimuti abu vulkanik, rencananya akan dilakukan dengan cara hujan buatan bekerjasama dengan dinas dinas terkait.

“Secara umum kondisinya kondusif, ada beberapa yang harus segera kita akselerasi yaitu pakan ternak dan pertanian, ” ucap Irjen Pol Achmad Luthfi.

Sementara itu, salah satu warga, Siam mengatakan dirinya bersama warga lainnya berharap bantuan dari Polda Jawa Tengah untuk pakan ternak, karena rumput yang ada masih diselimuti abu vulkanik. Warga juga berharap dengan dilakukan penyemprotan atau hujan buatan bagi lahan pertanian warga, agar perekonomian warga segera pulih.

“Dengan adanya erupsi Merapi, warga kami terdampak dengan abu vulkanik. Untuk itu kita minta bantuan rumput dan pakan ternak karena banyak terkena abu vulkanik, ujar Siam.

Kedatangan Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Luthfi yang meninjau langsung dampak erupsi Gunung Merapi, sekaligus berbincang dengan warga terdampak di 3 desa di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, diharapkan bisa mengurangi beban warga terdampak erupsi Merapi. 

#gunungmerapi #abuvulkanik #kapoldajawatengah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x